Mohon tunggu...
Ayu Vany Dia
Ayu Vany Dia Mohon Tunggu... Guru - guru

salam kenal rekan sesama guru dan seperjuangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

15 Desember 2022   23:24 Diperbarui: 15 Desember 2022   23:44 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi:SMK AN NUR BULULAWANG
Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai :Meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pola dasar pada busana
Penulis :Ayu Vanydia Meyrisa
Tanggal: Kamis 08 November 2022

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ?
Latar belakang yang menjadi masalah adalah rendahnya  motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang membutuhkan ketelitian dan berhitung dalam pembuatan pola dasar busana.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada materi pembuatan pola busana dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?
Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru, tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan  pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
1.Peserta didik belum terbiasa mengikuti pelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran yang ada.
2.Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa
3.Jam pelajaran siang yang membuat peserta didik mudah mengantuk dan merasa lelah dalam mengikuti pembelajaran
Siapa saja yang terlibat ?
Guru, peserta didik, rekan guru, kepala sekolah.

Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi iniLangkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?
Melakukan kordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan
mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.
Strategi apa yang digunakan ?

A.METODE PEMBELAJARAN
1.Pendekatan: Saintifik, TPACK
2.Model: PBL (Problem Based Learning)
3.Metode: Ceramah,diskusi,tanya jawab, demonstrasi


B.MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.Media                : PPT menganalisis busana anak, video
2.Alat              : Laptop, LCD, buku pola dan alat tulis
3.Sumber belajar  : Buku ernawati  jilid I tahun 2018, bahan ajar dan video

C.MATERI PEMBELAJARAN
1.Pengertian busana anak
2.Macam-macam busana anak berdasarkan kesempatan dan usia
3.Menganalisis busana anak

D.PENILAIAN PEMBELAJARAN
      Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap
Penilaian sikap dilakukan melaui pengamatan terhadap keaktifan dalam proses pembelajaran
b.Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1.Tes Tertulis
Pilihan ganda
Bagaimana prosesnya ?

Pendahuluan
1.Melakukan salam pembukaan dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran.
2.Memeriksa kehadiran peserta didik
3.Mengaitkan materi pembelajaran dengan materi sebelumnya
4.Memberitahukan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
1.Guru menayangkan materi  busana anak melalui tayangan di PPT
2.Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang di ajarkan
3.Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen
4.Guru membagikan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pesret didik
5.Peserta didik berdiskusi mengerjakan tugas yang ada pada LKPD
6.Guru memantau dan membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi
7.Peserta didik mempresentasikan dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
8.Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi yang disampaikan oleh temannya
9.Peserta didik dan guru menyimpulkan tentang materi pembelajaran
10.Guru membagikan evaluasi tes pengetahuan kepada peserta didik
11.Peserta didik mengerjakan tes pengetahuan pilihan ganda

Penutup
1.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
2.Guru menutup kegiatan Pembelajaran dengan salam

Siapa saja yang terlibat ?
Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru,peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video.
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?
Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1.Fasilitas yang ada disekolah seperti ruang kelas, LCD
2.Kamera,tripod.
3.Kameramen.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan?

Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut :

1.Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penilaian sikap peserta didik yang mana rata-rata nilai sikap disiplin adalah 80, rata-rata nilai sikap tanggung jawab 86, serta rata-rata nilai sikap kerja sama 82. Peserta didik secara berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik.

2.Hasil nilai pengetahuan juga terlihat bahwa peserta didik mampu memperoleh nilai tertinggi 92 serta nilai terendah 80.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

1.Respon dari peserta didik : Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran karena mereka bisa menyaksikan PPT pembelajaran yang menarik sebelum melakukan diskusi sehingga

2.tujuan pembelajaran dapat dicapai.

3.Respon dari rekan guru : Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan pembelajran yang diberikan kepada peserta didik.

4.Respon dari kepala sekolah : selaku pimpinan dilembaga tempat saya mengajar kepala sekolah sangat mendukung dengan langkah-langkah serta strategi yang saya pakai,beliau berharap agar kami para guru terus berinovasi dalam meyajikan materi kepada peserta didik.

Best Practice

Secara garis besar kegitan aksi ini berhasil adapun faktor- faktor penyebabanya adalah :

1.Perencanaan yang terukur

2.Media yang digunakan menarik

3.Perangkat pembelajaran yang lengkap

4.Fasilitas yang ada disekolah cukup memadai

5.Dukungan dari rekan-rekan guru dan kepala sekolah

6.kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik

ada beberapa kekurangan antar lain :

1.Pengelolaan waktu terutama saat pendahuluan perlu ditingkatkan karena yang direncanakan dalam RPP kegiatan pendahuluan 5 menit, namun saat pembelajaran mengahabiskan waktu hampir 10 menit.

2.Pengelolaan kelas perlu ditingkatkan sehingga suasana pembelajaran tetap kondusif baik saat bekerja dalam kelompok maupun saat kegiatan presentasi

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

Untuk mencapai tujuan penbelajaran yang baik maka perlu dilakukan analisis permasalahan yang dialami oleh siswa, menganalis solusi,membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan sesuai dengan perencanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun