Mohon tunggu...
Try ayupuspita
Try ayupuspita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya ada dalam dunia politik karena saya suka membaca dan menonton tv tentang dunia politik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Pokok dalam Aspek Pasar

5 Januari 2024   09:12 Diperbarui: 5 Januari 2024   09:18 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Istilah perspektif pemasaran dapat diartikan sebagai sebagai usaha seseorang untuk menciptakan dan lalu menukarkan produk kepada konsumen baik berupa barang atau jasa.

Pemasaran sebagai tempat bertemunya atau sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Menurutnya, pasar adalah suatu pengaturan di mana terdapat dua pihak atau lebih di pasar yang saling bertukar barang, jasa, dan informasi. Artinya pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih terlibat dalam jual beli.

Pasar adalah pembuat atau orang yang mempunyai keinginan untuk dipuaskan, keinginan untuk mengeluarkan uang dan keinginan untuk membelanjakan uangnya. Perspektif pemasaran berkaitan dengan ukuran pasar yang dibutuhkan dan pasar yang tersedia untuk merencanakan volume penjualan dan menganalisis persaingan untuk merumuskan strategi yang akan digunakan dalam memasarkan barang atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis..

aspek pemasaran dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha perusahaan, aspek pemasaran dapat mengurangi persaingan, aspek pemasaran mengelola pasar dengan baik, aspek pemasaran dapat melayani semua pihak, aspek pemasaran meningkatkan jumlah produk di pasar..

Ringkasnya, aspek pemasaran adalah proses penciptaan produk atau jasa yang kemudian dapat diperjualbelikan kepada seluruh masyarakat, sehingga menjamin kepuasan konsumen yang menerima produk atau jasa tersebut. Agar segmen pasar atau aspek pemasaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai keinginan, berbagai konsep dasar harus dipahami. Konsep utama yang dimaksud adalah konsep supply and demand, karena sangat penting dalam pemasaran..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun