Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Business Development, Novelis '3 ON 3', Blogger, Traveler. See more travel photography & video on Instagram: @ayuliqui

Passionate, Adventurous, Art & Music Lover https://maria-ayu.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Pikat Keheningan di Savana Puru Kambera, Sumba Timur

8 September 2019   08:00 Diperbarui: 9 September 2019   21:06 0 23 12 Mohon Tunggu...
Pikat Keheningan di Savana Puru Kambera, Sumba Timur
Senja di Savana Puru Kambera, Sumba Timur. Sumber: Dok. Pribadi

Bertualang ke Indonesia bagian timur wajib dicoba bagi penggemar jalan-jalan dan fotografi. Saya beruntung bisa berkunjung ke kota Waingapu, Sumba Timur pada akhir bulan Mei yang lalu. Tentunya, saya ingin berbagi pengalaman seru tak terlupakan ini kepada Anda.

Kontur daratan berbukit, hamparan savana, dan air terjun merupakan objek elok yang membuat wilayah Sumba Timur spesial dan ingin dikunjungi berulang kali. 

Saya pribadi sangat terkesan dengan destinasi ini dan tak menyesal menempuh perjalanan jauh dari Jakarta ke Waingapu yang memakan waktu terbang sekitar 6 jam.

Pada bulan Mei-Juli, Sumba memiliki pemandangan unik di mana padang savana berwarna gradasi hijau kuning keemasan dengan iklim panas berangin. Bulan Agustus-September, pemandangan daratan akan berubah menjadi kecokelatan sebab memasuki musim kering.

Pemandangan Puru Kambera di Bulan Mei. Sumber: Dok. Pribadi
Pemandangan Puru Kambera di Bulan Mei. Sumber: Dok. Pribadi

Perjalanan Ke Savana
Pagi hari dari kota Waingapu tempat menginap, mengunjungi savanna Puru Kambera membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam berkendara. Saya memakai jasa pemandu lokal untuk menjelajah Sumba Timur. 

Pemesanan bisa dilakukan secara online dan banyak agen perjalanan di sini juga memiliki Instagram berisi foto-foto destinasi cantik untuk mempermudah komunikasi dengan wisatawan.

Selamat Datang di Puru Kambera. Sumber: Dok. Pribadi
Selamat Datang di Puru Kambera. Sumber: Dok. Pribadi
Kendaraan melaju dari pusat kota Waingapu ke daerah Kanatang. Perjalanan relatif lancar dan tidak ada macet di tempat ini. Harap berhati-hati saat berkendara sebab hewan-hewan seperti kerbau, kuda, kambing, dan babi hidup bebas di hutan hingga ke jalan umum.

Memasuki kawasan savana, saya benar-benar terpukau dengan hamparan hijau kuning keemasan yang berada di kiri dan kanan jalan. Spektakuler! Di penghujung savanna terlihat laut biru yang membingkai. Uniknya, tidak terdengar deburan ombak dari laut ini. Suasananya sungguh tenang.

Let's Take a Walk & Have Fun! Sumber: Dok. Pribadi
Let's Take a Walk & Have Fun! Sumber: Dok. Pribadi
Saya dan rekan-rekan seperjalanan menghentikan mobil di sisi jalan untuk mengambil gambar tempat ini. Di luar mobil, duduk diam menghirup udara segar membuat hati terasa damai. 

Terlebih bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tempat ini jauh dari hiruk-pikuk. Sangat direkomendasikan apabila sedang mencari tempat liburan yang hening tapi indah memesona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x