Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Business Development, Novelis '3 ON 3', Blogger, Traveler. See more travel photography & video on Instagram: @ayuliqui

Passionate, Adventurous, Art & Music Lover https://maria-ayu.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Senja Jingga di Pantai Kristal

5 Juli 2019   17:39 Diperbarui: 6 Juli 2019   15:20 0 10 3 Mohon Tunggu...
Senja Jingga di Pantai Kristal
Senja di Pantai Kristal, Nusa Penida. Sumber: Dok. Jeffrey Sukardi

Sensasi menjelajah pulau Bali memang tiada habisnya. Apalagi, di musim liburan bulan Juli yang kian semarak. Berbagai tipe destinasi menarik ada di sini mulai dari wisata pantai, gunung, bukit, hamparan sawah hijau berlapis, serta jelajah laut melalui olahraga snorkeling dan diving. Tinggal pilih sesuai minat.

Di bagian tenggara pulau Dewata terdapat  pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang tak kalah cantik. Salah satunya adalah Pulau Nusa Penida di kabupaten Klungkung. Pulau Nusa Penida dapat dicapai dengan transportasi laut, sekitar 45 menit menyeberang dengan kapal feri dari pelabuhan Sanur, Bali.

Pantai Kristal, Nusa Penida. Sumber: Dok. Pribadi
Pantai Kristal, Nusa Penida. Sumber: Dok. Pribadi
Pada arsip blog sebelumnya telah diceritakan mengenai pesona Pantai Kelingking. Kali ini, saya akan berbagi mengenai keindahan Pantai Kristal yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lokasi Pantai Kristal atau Crystal Bay tidak jauh dari Pantai Kelingking. Keduanya di bagian barat pulau sehingga memiliki panorama senja memukau.

Pantai Kristal berada di Banjar Penida, wilayah Desa Sakti. Dari pelabuhan Sampalan ke pantai Kristal dapat ditempuh sekitar 20-30 menit berkendara. Anda bisa sewa mobil dan mengendarai sendiri atau menyewa agen perjalanan yang sekaligus menyediakan supir pemandu. Sebagai info tambahan, signal telekomunikasi di tempat ini terbatas. Tidak semua sudut kota memiliki akses internet.

Penulis Menyusuri Pantai. Sumber: Dok. Pribadi
Penulis Menyusuri Pantai. Sumber: Dok. Pribadi
Momen paling nikmat berkunjung ke Pantai Kristal adalah sekitar jam tiga sore saat masih terang tapi tidak panas sampai matahari terbenam. Di sepanjang pantai terdapat banyak meja berpayung dengan kursi-kursi untuk menikmati alam. Angin sepoi dan deburan ombak pantai membuat pengunjung merasa damai hingga bisa hanyut tertidur.

Kontur pulau Nusa Penida merupakan bukit karang kapur. Oleh sebab itu harap maklum bila banyak trekking mendaki dan menuruni tebing . Namun, di Pantai Kristal Anda tidak perlu melakukannya! Tempat ini disebut Crystal Bay oleh warga setempat karena air lautnya yang jernih. Pantai ini bisa dinikmati dengan mudah karena sejajar daratan.

Penulis Bermain Ombak. Sumber: Dok. Pribadi
Penulis Bermain Ombak. Sumber: Dok. Pribadi
Air laut bening dengan sapuan ombak yang tidak terlalu keras membuat tempat ini terkenal sebagai lokasi snorkeling dan diving bagi petualang bawah laut. Kapal-kapal kecil yang membantu pengunjung bertolak ke spot menyelam siap di bibir pantai untuk disewa. Bila tak ingin melakukannya, berenang di tepi pantai sudah cukup membuat Anda menikmati keindahan tempat ini.

Pasir di Pantai Kristal turut merepresentasikan nama tempatnya. Pasir pantai berwarna cokelat muda. Namun, bila diperhatikan terdapat banyak butiran berkilau seperti kristal. Butiran tersebut merupakan butiran mineral yang terbawa oleh air laut dan jika terkena sinar matahari akan memantulkan cahaya kilau. Sangat unik dan indah sekali!

Kapal-Kapal yang Siap Membawa Wisatawan Ke Titik Selam. Sumber: Dok. Pribadi
Kapal-Kapal yang Siap Membawa Wisatawan Ke Titik Selam. Sumber: Dok. Pribadi
Air Jernih dan Pasir Berkilau Membuat Tempat Ini Disebut Crystal Bay. Sumber: Dok. Pribadi
Air Jernih dan Pasir Berkilau Membuat Tempat Ini Disebut Crystal Bay. Sumber: Dok. Pribadi
Garis pantai di sini panjangnya sekitar 1 kilometer. Pengunjung bisa puas berjalan dan menikmati tepi laut. Haus? Jangan khawatir! Di pinggir pantai banyak penjual air minum dan kelapa muda dengan harga terjangkau. Toilet juga tersedia di tepi pantai. Menurut saya, pantai ini cocok untuk bersantai sebab tidak ada medan jalan yang membuat kaki lelah dan fasilitas umumnya lengkap. Berjalan di tepi pantai bersama binatang peliharaan juga cukup menyenangkan. 

Di dekat pantai terdapat sebuah pulau karang. Kehadiran pulau karang ini menambah keindahan pemandangan Pantai Kristal sehingga pengunjung tak hanya menatap air laut Samudera Hindia saja. Pastinya, pulau kecil ini juga menarik untuk dijadikan objek foto sebab sang surya akan tenggelam di belakangnya. Sangat eksotik!

Bermain di Pantai Bersama Si Putih. Sumber: Dok. Pribadi
Bermain di Pantai Bersama Si Putih. Sumber: Dok. Pribadi
Pulau Karang di Pantai. Sumber: Dok. Pribadi
Pulau Karang di Pantai. Sumber: Dok. Pribadi
Langit sore di Pantai Kristal cukup cantik. Cahaya matahari  tampak keemasan ketika saya berkunjung. Bila tiba saat senja, bersiaplah terpukau dengan sinar matahari yang perlahan mulai turun bersembunyi di bawah cakrawala dengan sinar berwarna jingga hingga kemerahan. Kerlap-kerlip pasir di pantai pun tampak semakin gemerlap seperti kilau kristal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x