Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Freelancer - Penyair Majenun

Author of 'The Geek Got The Girl', 'Rindu yang Memanggil Pulang', 'Kafe Pojok & Barista tak Bernama' (Antologi Puisi), 'Terdampar dan Cerita-cerita Lain' (Kumpulan Flash Fiction), '2045' (Kumpulan Cerpen) dan 'Bobo Pengantar Dongeng' (Kumpulan Dongeng Kekinian). Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Rencana Perjalanan

23 Juli 2021   19:05 Diperbarui: 23 Juli 2021   20:04 126 23 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rencana Perjalanan
www.ytravelblog.com

Mahiwal suka bepergian, tidak ada keraguan sama sekali tentang hal itu.

Tetapi dia juga suka merencanakan perjalanan.

Begitu dia menentukan tujuan, dia akan terobsesi dengan setiap detail perjalanannya. Dia akan mulai dengan kunjungan ke toko buku dan kembali ke rumah dengan tas penuh nuku panduan perjalanan dan peta yang akan dia sebarkan di meja ruang makan, dan dia akan mulai merencanakan detail petualangannya yang akan datang. Dia mengidolakan travel writer seperti HOK Tanzil dan Adinegoro. Menonton Nat Geo dan Lonely Planet. Juga si Bolang.

Laptop tuanya selalu dalam kondisi menyala di meja ruang makan untuk melengkapi penelitiannya dengan internet, menelusuri hasil pencarian Google dengan gigih, memeriksa review di tripadvisor, bahkan mengklik iklan komersial yang terang-terangan menawarkan diskon yang terkesan terlalu terang-terangan.

Begitu dia selesai merencanakan perjalanan dalam pikirannya, dia mulai membuat reservasi secara online, terkadang melalui telepon, membuat lingkaran di kalender yang menunjukkan reservasi penginapan dan makan yang nantinya akan dia bawa bersamanya, mencetak nomor konfirmasi dan petunjuk arah, juga kuitansi tiket untuk museum dan tiket atraksi wisata lainnya, lalu menata semua karyanya ke dalam folder berlabel yang akan menemaninya dalam perjalanan.

Saat tanggal perjalanan semakin dekat, dia mulai berkemas, yang bisa menghabiskan waktu hingga seminggu. Dia menyusun pakaian khusus dalam koper yang hanya dia kenakan saat bepergian: kemeja dan celana yang semuanya cocok san saling melengkapi sehingga dia dapat membuat banyak kombinasi, tidak pernah terlihat memakai pakaian yang sama di mana pun dan kapan pun selama dalam perjalanan.

Pakaian dalam dan kaus kaki yang dia miliki bisa dicuci di wastafel kamar hotelnya di malam hari dan langsung kering keesokan paginya. Dia menyiapkan sejumlah kantong plastik bening untuk membawa perlengkapan mandi-dengan berbagai ukuran berdasarkan lama perjalanan, tentu saja- dan aksesori lainnya.

Semua ini dikemas dengan cara tertentu di dalam koper untuk meminimalkan ruang kosong dan memaksimalkan kemudahan mengakses.

Dia memastikan bahwa kameranya telah dibersihkan dari jamur dan baterenya terisi penuh. Bahwa dia memiliki banyak ruang di kartu data kamera.

Dokumentasi perjalanannya akan menjadi lencana kehormatannya ketika kembali ke rumah, terutama saat dia mendapatkan rasa hormat dan kecemburuan dari teman-teman dan keluarganya ketika dia menghibur mereka dengan tayangan slide yang dibuat dan dinarasikan dengan keahlian seorang profesional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x