Mohon tunggu...
Aurellia Silaban
Aurellia Silaban Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

4 Macam Risiko Jika Tidak Hati-Hati Dalam Menggunakan Internet

20 Juni 2021   01:04 Diperbarui: 20 Juni 2021   01:39 73 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Macam Risiko Jika Tidak Hati-Hati Dalam Menggunakan Internet
https://kavling10.com

Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar Internet. Internet adalah mesin pencarian melalui jaringan internet yang sudah dipakai oleh berbagai kalangan. Namun siapa sangka internet dapat menjadi boomerang bagi para penggunanya? Mari kita simak bahaya jika kita tidak berhati-hati dalam memakai internet.

1. Isu kesehatan mental.

Social media sekarang sudah menjadi hal yang mendarah daging, terutama bagi kaum muda. Tidak heran mengapa social media seperti Instagram dan Twitter digunakan oleh kebanyakan kaum muda karena mereka dapat menunjukkan kreativitas mereka dalam memotret untuk postingannya dan juga menyampaikan pikirannya.

Namun, hal ini dapat menjadi masalah. Karena anak muda bisa saja terobsesi oleh angka. Mendapatkan likes dan comment yang banyak, dianggap seperti pencapaian bagi mereka. Hal ini dapat menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan mental mereka. Namun, realita tidak selalu seperti yang kita ekspetasikan. Dan hal ini dapat menyebabkan munculnya rasa kecewa, dan membuat mereka menjadi gelisah, tidak dapat tidur dengan nyenyak sehingga jam tidur mereka terganggu, depresi, hingga bunuh diri.

Di sisi lain, pengguna social media bisa saja insecure karena mereka mengikuti influencer yang terlihat sukses di social media. Munculnya standar-standar tinggi untuk mengikuti influencer, jika mereka merasa tidak bisa mengikuti standar yang ada mereka akan merasa tidak percaya diri.

2. Dapat menghambat karir.

https://forestemissions.org/
https://forestemissions.org/

Penggunaan internet yang salah juga dapat menghambat karir penggunanya. Bagaimana bisa? Pengguna internet bisa saja dengan kreatif mengutarakan pemikiran dan menggunakan sumber untuk di-share di internet.

Namun yang menjadi masalah adalah jika mereka menyebarkan hoax dan menjelek-jelekan nama orang lain di internet tanpa sepengetahuan orang tersebut. Perusahaan sekarang banyak yang memeriksa background calon kandidat saat ingin merekrut karyawan.

Hal lain yang dapat menjadi masalah adalah jika korban yang dijelek-jelekan, tidak diterima kerja oleh perusahaan akibat isu-isu yang menyangkut dengan kandidat dan namanya sudah tercemar diinternet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN