Semakin berkembangnya zaman, tren mode turut berkembang dan mengalami perpecahan sesuai dengan karakteristik gayanya. Salah satunya adalah tren mode coquette style, yaitu gaya yang terinspirasi dari era Victoria dengan nuansa lembut dan feminin. Banyak pelaku usaha lokal yang memanfaatkan tren mode tersebut, tak terkecuali Makkeulion.Â
Makkeulion adalah sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang fesyen sejak tahun 2022. Berbekal kemampuannya membuat produk aksesorisnya secara otodidak, Makkeulion berhasil memproduksi kurang lebih 150 item aksesoris melalui marketplace yaitu Shopee dan TikTok Shop. Produk yang ditawarkan Makkeulion cukup beragam, mulai dari kalung, gelang, cincin, gantungan kunci, hingga phone strap.
Media promosi yang dipilih oleh Annisa Nur Hayati, sang pemilik UMKM, dominan melalui platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Dalam pembuatan konten, ia mengedepankan kualitas foto maupun video yang jernih dan tentunya menerapkan estetika di setiap desain konten untuk memaksimalkan daya tarik visual. Tak hanya itu, Annisa kerap memasarkan produknya melalui komunikasi secara langsung. Didukung dengan kemampuan pemasarannya, Annisa melakukan promosi mulut ke mulut (mouth-to-mouth) dan beberapa kali mengikuti bazaar untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. "Tujuan bisnis ini sebenarnya untuk menambah penghasilan dan mengisi waktu luang saja," ucap Annisa.
Uniknya, aksesoris manik yang Ia jual memiliki kisaran harga yang cukup terjangkau oleh anak sekolah, meskipun desain yang diproduksi cukup rumit. Bahkan, Annisa juga menyediakan sesi kustomisasi order walaupun hanya tersedia dengan slot yang terbatas. "Justru layanan itu trik marketing yang bikin orang lain tertarik. Apalagi kalau slotnya terbatas, pasti calon pembeli bakal lebih terdesak untuk melakukan transaksi." ujar Annisa. Makkeulion dominan menjual produk dengan gaya coquette aesthetic dikarenakan Annisa sendiri memiliki ketertarikan yang cukup besar pada gaya mode ini. Namun, tak perlu khawatir. Walaupun coquette identik dengan wanita, gaya mode ini cukup populer juga di kalangan pria dengan desain yang lebih simpel dan warna yang netral.
Kesalahpahaman publik terhadap gaya mode coquette masih cukup masif, masih banyak yang beranggapan bahwa gaya mode tersebut hanya untuk wanita. Mengulik permasalahan tersebut, Annisa berinisiatif untuk membuat segmen konten Instagram yang berfokus pada edukasi seputar aksesoris manik maupun pengetahuan umum mengenai ragam gaya estetika. Segmen konten tersebut bernama "Makkeu-Facts" yang akan diunggah 3 kali per bulan. Annisa ingin meluruskan pandangan publik mengenai gaya mode coquette dan memberikan tips untuk memadupadankan penampilan dengan aksesoris yang ia jual. Diharapkan, inisiatif tersebut dapat membangun hubungan emosional antara audiens dan Makkeulion.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI