Mohon tunggu...
Auliya Asmarani
Auliya Asmarani Mohon Tunggu... Guru TK Budi Utomo Sragen

Saya adalah pendidik di salah satu taman kanak-kanak di Kabupaten Sragen. Menulis adalah hal yang baru bagi saya, saya masih belajar dan terus berproses dalam memperbaiki diri sebagai seorang pendidik.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Guru Menguasai IT dalam Pembelajaran Jarak jauh

23 November 2020   22:17 Diperbarui: 24 November 2020   18:31 141 2 1 Mohon Tunggu...

Guru merupakan tenaga pendidik yang akan menghasilkan anak didik berkualitas dengan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik.

Selain itu, guru mempunyai tugas ganda seperti mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didik untuk menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas di masa depan.

Peran guru sebagai seorang pendidik sangatlah penting, terlebih objek yang menjadi sasaran pekerjaannya adalah anak didik yang yang diibaratkan seperti kertas putih.

Seiring perkembangan zaman, guru harus dapat menyesuaikan diri dengan perkenbangan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar semakin banyak diterapkan di sekolah-sekolah.

Seorang pendidik dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi termasuk penggunaan internet. Kita sebagai guru harus menjauhkan mindset bahwa faktor usia lanjut menghalangi kita untuk belajar dan maju.

Selama ada keinginan kuat dalam diri, kita harus yakin bahwa kita dapat memahami dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran agar dapat membuat pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itulah kita sebagai guru di zaman now harus melek IT dan menjadi penggerak perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik.

dokpri
dokpri
Apalagi ditengah pandemic covid-19, yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh. Disini, guru dituntut untuk menguasai IT. Bagaimana mengajak siswa untuk tetap semangat belajar walau dari rumah. Pembelajaran jarak jauh tidak hanya sekedar tugas yang dikirim mulai whatsaap atau email. Disini guru perlu mengupgrade diri untuk bisa menguasai berbagai platform pembelajaran seperti zoom, googlemeet, google classroom bahkan guru harus menjadi youtuber dadakan untuk memberikan video pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti anak didik  Kitalah guru mempesona penggerak perubahan Selamat berkarya dan berinovasi

VIDEO PILIHAN