Mohon tunggu...
Aulia Zahra
Aulia Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa Manajemen UIN MALIKI MALANG

Fashionable, berwawasan, terpenting mandiri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengulas Tempat Ibadah Umat Kristen

11 Maret 2021   21:27 Diperbarui: 11 Maret 2021   21:29 154 1 0 Mohon Tunggu...

Halo semuanya balik lagi nih dengan saya. Bagaimana kabarnya teman-teman semua?...Tentu sehat-sehat ya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dan wajib lakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Sekalipun anda sudah divaksin alangkah baiknya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah anda. Kali ini saya akan mengangkat sebuah topik mengenai fungsi dan tujuan tempat ibadah agama lain yaitu Kristen.

Teman-teman semuanya, perlu kita ketahui bersama bahwa kita adalah umat beragama, ada berbagai macam agama dari seluruh dunia begitu pula dengan Indonesia. Negara Indonesia kita tercinta banyak sekali penganut agama yang berbeda-beda tersebar di seluruh pulau, mulai dari Sabang hingga Merauke. Dengan adanya perbedaan agama kita bisa memahami bahwa kita harus saling menjaga satu sama lain, saling menghormati agama lain baik secara kehidupan maupun secara ibadah, saling membantu dan juga tolong-menolong antar sesama umat beragama. Setiap agama memiliki tujuan yang baik dan membawa ke jalan yang benar bagi seluruh umatnya, tidak ada agama yang bertujuan untuk menyesatkan umatnya.

Berbicara mengenai tempat ibadah, banyak sekali di Indonesia tempat ibadah agama lain seperti Masjid sebagai tempat ibadah untuk umat Islam, Pura sebagai tempat ibadah untuk umat Hindu, Vihara sebagai tempat ibadah untuk umat Budha, Kelenteng sebagai tempat ibadah untuk umat Khonghucu, dan tak lupa Gereja sebagai tempat ibadah untuk umat Katolik dan Kristen. Semua tempat ibadah pasti bertujuan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Esa, berdoa, dan memohon kasih. Tetapi, selain hanya sebagai tempat untuk beribadah adapun fungsi dan tujuan lainnya. Salah satunya yaitu tempat ibadah Gereja. Gereja bagi umat Katolik dan Kristen yang dijadikan sebagai sarana membangun relasi antara manusia dengan Tuhan dan juga membangun relasi antar jemaat maupun masyarakat luas.  

Sebelum saya menjelaskan apa sih tujuan dan fungsi lain dari Gereja, saya sudah menanyai teman saya yaitu Landa, ia kebetulan teman saya yang beragama Kristen. Saya menanyakan kepada teman saya apakah ada fungsi dan tujuan lain dari Gereja selain sebagai tempat untuk beribadah, dan berikan juga penjelasannya. Menurutnya memang benar ada, dan fungsi lainnya yaitu bagi umat beragama Kristen, Gereja juga bisa sebagai tempat melayani sesama, bersekutu dengan sesama, sebagai tempat mengajar sesama. Salah satu contoh dalam melayani yaitu membantu teman misalkan sedang dalam keadaan sakit dan tidak bisa melayani, maka membantu teman tersebut dalam bagian dari melayani.

Selain itu, Gereja bukan saja sebagai tempat beribadah tetapi juga sebagai tempat membantu antar sesama. Menurutnya ketika ada kedapatan anggota gereja yang tidak mampu atau dari segi ekonomi kurang, Gereja akan memberikan bantuan kepada para anggota tersebut. Bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk makanan, sembako, kebutuhan pokok, dan lain-lain sehingga mereka yang tidak bisa merasakan, juga bisa ikut sama-sama merasakan.

Kemudian Gereja sebagai tempat untuk pendidikan orang dewasa. Ia menjelaskan bahwa dulu gereja sebagai tempat pendidikan dinamakan Eska, dan sekarang diubah diganti dengan nama Getsasi. Getsasi diikuti oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa untuk mendapatkan pendidikan mengenai dokmatika gereja, mengenai sejarah gereja, pendidikan mengenai Alkitab, bagaimana cara dalam beribadah dan lain-lain. Intinya pendidikan mengenai gereja. Tujuan itu semua adalah agar mendapatkan pendidikan yang baik. Pendidikan itu sebagai suatu acuan oleh pengikut Kristus. Selain itu, ada fungsi lain yaitu fungsi gereja sebagai komunitas dimana gereja membuat sebuah persekutuan yang membangun iman remaja Kristen yang ada seperti tim doa. Tim doa merupakan salah satu bentuk komunitas yang didirikan gereja.

Gereja juga memiliki keunikan-keunikan, tidak banyak yang tahu mengenai keunikan gereja. Landa mengatakan salah satu keunikan gereja adalah bangunan yang unik dan bagus. Kemudian juga ada kelebihannya yaitu dibina dan dilatih berbicara di depan banyak orang. Mereka dilatih untuk percaya diri berbicara, menjelaskan didepan banyak orang dan melatih untuk terbiasa. Baik dari kumpulan-kumpulan kecil hingga kumpulan besar.   

Dari uraian diatas kesimpulan yang dapat diambil adalah setiap tempat ibadah suatu umat pasti memiliki fungsi-fungsi dan keunikan-keunikan tersendiri. Itu semua adalah salah satu ciri khas setiap tempat ibadah dan juga menunjukkan bahwa itulah yang dilambangkan dari agama setiap tempat ibadah tersebut termasuk Gereja tempat ibadah umat Kristen. Setiap agama itu sama dan kita semua sama di mata Tuhan. Adanya perbedaan dan beragam agama menjadi sebuah keindahan dan pelengkap kita sebagai manusia di dunia. Janganlah sekali-kali rasisme, hilangkan hal seperti itu. Setiap keragaman dan perbedaan yang ada itu sudah Tuhan gariskan agar kita sesama manusia saling menghargai antar sesama umat, baik kehidupan maupun dalam beragama.  

  

VIDEO PILIHAN