Mohon tunggu...
Aulia Manaf
Aulia Manaf Mohon Tunggu...

Terlahir di Pasuruan. Seorang pembelajar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bulan Rajab, Bulannya Kasih Sayang

19 Maret 2018   07:31 Diperbarui: 19 Maret 2018   08:57 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bulan Rajab, Bulannya Kasih Sayang
Bu Nyai Abidah (dok. pri)

Apa yang ada dalam benak kita saat mendengar Bulan Rajab? Dulu saya anggap biasa saja, ada puasa sunnah di dalamnya. Tapi ternyata ada banyak keistimewaan dalam bulan ini.

Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk datang di Pengajian Rutin Muslimat NU yang diadakan setiap bulan tanggal 16, kali ini bertepatan di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Mauidhoh Hasanah disampaikan oleh Bu Nyai Nurul Abidah dari Pasuruan. Luar biasa suara beliau yang menggelora yang menyampaikan motivasi seputar Bulan Rajab. Beliau mengingatkan bahwa puasa 1 Rajab dilaksanakan tanggal 19 Maret 2018 .

Motivasi yang disampaikan beliau sangat mengena di hati. Bulan Rajab ternyata bulan doa yang mustajab, bulan yang sangat istimewa. Berikut beberapa hikmah puasa Rajab.

- Puasa satu hari saja di Bulan Rajab, Allah akan meringankan siksa kubur.

- Puasa dua hari saja , hidup kita akan dimuliakan oleh Allah di dunia dan akhirat.

- Puasa tiga hari di bulan Rajab, Allah akan memberikan banyak hikmah dan ganjaran. Diantaranya kita akan dijauhkan dari malapetaka, ujian, bala' dunia, dijaga dari siksa di akhirat, dijauhkan dari penyakit gila (kurang waras), dijauhkan dari penyakit Judam (semacam lepra, kulit belang).

- Puasa selama tujuh hari di Bulan Rajab, pintu neraka akan ditutup oleh Allah. Kita tak akan dimasukkan ke neraka.

- Puasa delapan hari, segera pintu surga untuk kita .

- Bagaimana dengan puasa sepuluh hari? Kita dipersilakan masuk surga oleh Allah.

- Puasa 15 hari di Bulan Rajab, kita akan menikmati surga , bertemu dengan Allah dan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.

- Puasa genap 27 hari, hikmahnya Allah akan memberikan usia yang berkah dan meninggal dengan khusnuh khotimah. Aamiin. Bukankah ini adalah salah satu tujuan kita hidup di dunia? Allah memberi ridha dan cintaNya kepada kita makhlukNya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2