Mohon tunggu...
Atina Sabila Khodijah
Atina Sabila Khodijah Mohon Tunggu... Lainnya - pembelajar

Three ways to achieve true happiness ~ be grateful ~ focus on the positives ~ spread kindness _Nulis, Ngajar, Ngebun

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pengalaman Pertama Menyambut Kelahiran Makhluk Mungil nan Menggemaskan, Anak-anak Kucing

23 Agustus 2020   06:17 Diperbarui: 23 Agustus 2020   07:01 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa di antara kita mungkin setuju kalau Work From Home (WFH) atau School From Home (SFH)  di masa pandemi covid-19 terkadang memunculkan rasa bosan. Akhirnya, kita jadi putar otak kira-kira kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Tentunya kegiatan yang dibutuhkan adalah kegiatan yang berbeda dari kebiasaan kita sebelumnya.

Hal yang mungkin saja terjadi adalah ditemukannya hobi-hobi baru seperti berkebun, memasak, bersepeda, menulis, atau bahkan memelihara hewan di rumah. Saya adalah salah satu orang yang menemukan hobi baru di masa pandemi. Sebuah hobi yang belum pernah saya lakukan sebelumnya yaitu memelihara kucing.

Awalnya saya sama sekali tidak berniat untuk memelihara kucing, sebab dari dulu keluarga saya tidak suka kucing. Saya pun cukup penakut, yang ada di benak saya ketika melihat kucing adalah kebiasaan mencakarnya.

Namun, semenjak bulan Maret lalu ketika pertama kali ditemukannya kasus covid-19 di Indonesia perkuliahan di kampus tidak dapat dilanjutkan secara tatap muka. Saya dan teman-teman pun memutuskan untuk segera pulang kampung.

Beberapa hari di rumah, saya cukup merasa senang karena bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, saya pun tak perlu bolak-balik ke kampus setiap hari, cukup stay di depan laptop kalau sudah masuk jam kuliah.

Selama berkegiatan di rumah, sering kali saya melihat kucing-kucing liar di sekitar rumah. Jumlahnya pun cukup banyak, sesekali saya beri mereka makan. Kalau ada yang masuk ke rumah, saya segera membawanya keluar mengingat Ayah saya tidak suka kucing.

Lagi dan lagi kucing itu masuk ke rumah, saya sering menyebutnya si oren. Suatu ketika ada kucing lain yang juga ikut masuk, kala itu saya menyebutnya si abu. Si abu ini badannya bersih dan sehat, tapi memiliki ekor yang pendek. Sebelumnya saya tidak tahu kalau ada ras kucing yang berekor pendek. Waktu itu, saya sempat berpikir kalau ekor si abu ini ada yang motong, sehingga muncul perasaan iba setiap kali melihatnya. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membiarkan dia tinggal di rumah.

Karena perilakunya yang menggemaskan dan tidak pernah buang kotoran sembarangan saya dan ayah mulai nyaman dengan keberadaan dia di rumah. Merasa tertarik untuk memelihara kucing, saya pun mulai mencari tahu segala hal tentang kucing melalui internet. Banyak fakta menarik yang saya temukan, salah satu hal yang membuat saya kagum adalah kebiasaan menjilat tubuhnya yang ternyata itu adalah cara dia untuk membersihkan diri. Selain itu, ternyata kucing itu lebih bersih dari anjing dan manusia. Air liurnya pun punya sifat bersih dan membersihkan.

Ditemukan pula sebuah mitos yang mengatakan kalau bulu kucing dapat menyebabkan kemandulan. Sebab, kucing kerap kali disebut sebagai hewan pembawa parasit toksoplasma yang menurut masyarakat bisa menyebabkan kesuburan wanita terganggu. Toksoplasma memang bisa disebarkan melalui kotoran kucing, tapi bukan hanya kucing yang membawa parasit ini. 

Parasit ini bisa juga menginfeksi manusia melalui daging yang tidak dimasak sempurna (terutama daging kambing), sayuran mentah yang tidak dicuci dengan bersih, kotoran tikus, dan hewan mamalia lain. Jadi, parasit toksoplasma terdapat pada kotoran kucing bukan pada air liur ataupun bulunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun