UMKM yakni singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang memiliki peranan penting dalam perekonomian  negara. Peranan UMKM di Indonesia yakni dapat menyediakan lapangan pekerjaan, menekan angka penganggguran yang semakin bertambah setiap tahunnya, mengurangi angka kemiskinan dengan membantu masyarakat yang kurang mampu  serta pemerataan pendapatan yang dapat memperbaiki kehidupan masyarakat yang memiliki keterbatsan dalam keuangan.
   Banyak sekali contoh UMKM salah satunya adalah toko sembako yang menjual berbagai barang pokok dengan harga yang terjangkau. Biasanya toko sembako dekat dengan perumahan warga sehingga mempermudah konsumen untuk membeli. toko sembako melayani konsumen dari berbagai kalangan mulai dari ibu rumah tangga, restoran, dan bahkan pelaku usaha lain. Toko sembako memiliki peranan penting dalam menyediakan kebutuhan dasar masyarakat.Â
a. Profil singkat
   Salah satu UMKM toko sembako yang terletak di Kota Bandung lebih tepatnya di Jalan Derwati yakni Toko Sri Davina yang sudah berdiri sejak 1996. Pemilik dari toko ini adalah Pak Yepri dan Ibu Ida. Mereka sudah mendirikan toko ini sekitar 29 tahun yang lalu dengan total 4 karyawan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap  toko sembako ini. Latar belakang dari pembukaan toko sembako sri davina ini yang berawal mula  sepasang suami istri ini memiliki mesin penggiling beras, sehingga dari asset tersebut muncul sebuah ide untuk membuka usaha toko sembako.
Toko sembako ini menjual berbagai jenis barang seperti beras, galon, minyak, gas, telur, dan air isi ulang. Barang-barang ini merupakan keperluan masyarakat setiap harinya. Sehingga toko ini tidak pernah sepi pelanggan karena banyaknya konsumen yang membeli setiap harinya dengan pemesanan melalui platform whatsapp ataupun datang langsung ke toko.
b. Kelebihan
   Keuntungan dari toko sembako adalah permintaan konsumen tetap stabil karena sembako merupakan bahan pokok yang dicari sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Meskipun sembako sedang mengalami kenaikan harga, tetapi permintaan konsumen akan relatif stabil.Â
c. Kekurangan
   Kekurangan dari toko sembako adalah banyaknya pesaing atau kompetitor yang menjual produk yang sama dan harga jual yang relatif sama sesuai dengan harga pasar. Salah satu cara untuk tetap bersaing dengan kompetitor lain perlu adanya strategi yang matang dan pemilik usaha perlu melek dengan perkembangan zaman yang sedang maraknya teknologi dan banyaknya platform yang tersedia.  Sehingga dengan memanfaatkan platform tersebut akan menjangkau lebih luas konsumen.Â
d. Kesimpulan
