Mohon tunggu...
Yulianto
Yulianto Mohon Tunggu... Menulis saja

Menulis saja

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Empat Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Bersedekah di Jalanan!

14 Mei 2019   23:39 Diperbarui: 15 Mei 2019   00:03 0 1 0 Mohon Tunggu...
Empat Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Bersedekah di Jalanan!
Ilustrasi sedekah di jalanan (boombastis.com)

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kebaikan. Hanya di bulan Ramadan saja, kita bisa menyaksikan setiap orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Bentuk kebaikan yang dilakukan pun beraneka rupa, mulai dari berbagi takjil bagi yang sedang berpuasa, bersedekah kepada yang kurang mampu, membagikan sahur di jalanan hingga membantu membangunkan orang-orang bersantap sahur.

Berbicara tentang bersedekah, setiap orang punya caranya masing-masing untuk bersedekah. Ada orang yang lebih suka bersedekah dalam bentuk makanan dan minuman. Ada juga yang suka bersedekah dalam bentuk uang baik kepada masjid maupun orang-orang yang membutuhkan.Tapi ada juga yang menghindari bersedekah kepada para pengemis di jalanan.

Tentang bersedekah kepada para pengemis di jalanan, topik ini memang membawa setiap orang ke dalam dua pandangan. Ada yang menganggap hal itu tak mengapa dilakukan tetapi ada juga yang menganggap hal itu adalah tindakan yang salah dan menyarankan agar  tidak melakukannya.

Tentu saja kedua pihak tersebut punya masing-masing argumentasi mengenai pandangannya. Bagi yang membolehkan bersedekah kepada para pengemis di jalanan, pendapat bahwa berbuat baik dapat dilakukan dimana saja dan kepada siapa saja serta bersedekah adalah urusan nurani masing-masing orang mungkin menjadi alasannya.

Sedangkan bagi yang melarang menganggap bahwa tak semua orang orang di jalanan pantas diberikan sedekah dan bersedekah kepada orang yang masih mampu bekerja dapat mengajarkan mereka untuk bersikap malas. Dan inilah alasan mereka untuk tak mau bersedekah kepada para pengemis di jalanan.

Mengenai topik ini, saya sendiri tak condong kepada pihak manapun. Saya berada di tengah-tengah kedua pandangan tersebut. Saya sendiri tak keberatan untuk bersedekah kepada para pengemis di jalanan tetapi terkadang saya juga memutuskan untuk tak memberi sedekah kepada pengemis di jalanan.

Ada beberapa pertimbangan yang patut dipikirkan sebelum memutuskan untuk bersedekah di jalanan. Pertimbangan tersebut perlu dipikirkan agar sedekah yang kita keluarkan tepat sasaran. Pertimbangan-pertimbangan tersebut diantaranya,

Tak memberi sedekah kepada anak-anak

Mengapa tak  memberi sedekah kepada anak-anak di jalanan? alasannya adalah saya percaya bahwa sedekah yang diberikan kepada anak-anak tersebut tak sepenuhnya dinikmati oleh anak yang bersangkutan. Saya yakin bahwa di balik kehadiran anak-anak yang mengemis di jalanan ada sosok orang dewasa yang tidak bertanggungjawab yang memaksa anak tersebut untuk meminta di jalanan. Orang dewasa tersebut memanfaatkan anak-anak untuk menarik empati orang-orang dan mencari keuntungan pribadi.

Selain itu, memberi sedekah kepada anak di jalanan akan membuatnya semakin betah beraktivitas di jalanan yang berujung kepada rasa enggan untuk melakukan hal lain yang sebenarnya lebih bermanfaat bagi masa depannya seperti bersekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x