Mohon tunggu...
asni asueb
asni asueb Mohon Tunggu... Mencoba kembali di dunia menulis

Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, sempat berlalu dari dunia menulis dan kembali terdampar di dunia menulis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Minuman Segar Es Dawet

13 Januari 2021   22:30 Diperbarui: 13 Januari 2021   22:47 55 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minuman Segar Es Dawet
Dokpribadi


Di saat panas terik enaknya minum es dawet atau es cendol yang terbuat dari tepung beras dikasih air pandan dan direbus.  Dawet adalah minuman yang terdiri dari cendol, gula, santan dan di tambah batu es.

Konon katanya di beri nama es dawet ayu karena penjualnya ayu dan dawet sendiri minuman yang terdiri dari cendol  yang terbuat dari tepung beras, di beri gula dan santan. Berasal dari daerah Banjar.

Namun seiring berkembangnya jaman, es dawet bisa ditemui hampir seluruh  daerah, hanya pengucapan namanya saja yang berbeda di Jawa bilang es dawet ayu, di daerah lain es cendol dan sumatera barat bilangnya es cindua.

Pada umumnya es dawet itu cendol yang terbuat dari tepung beras di beri warna  hijau,  bisa dari warna makanan atau dari pandan yang di parut lalu disaring dan airnya diambil, gula merah cair, dan santan yang diberi daun pandang saat merebusnya.

Namun di sini  Asni bukan ingin berbagi resep es dawet  hanya ingin berbagi cara minum es dawet dengan cara sehat. Setidaknya mengurangi konsumsi santan. 

Bagi keluarga, es dawet bukan hanya teman dikala siang tapi juga bisa menemani dikala menulis seperti malam ini. Walau udara di luar dingin namun tak mengalahkan keinginan untuk minum es dawet.

Bahan bahan yang dipergunakan 

* Cendol ( asni beli yang sudah jadi tapi terjamin kebersihannya.

* Gula merah yang di cairkan 

* Susu full cream  (pengganti santan)

* Cream Rich ( dipilih karena berasal dari nabati) (pengganti santan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x