Mohon tunggu...
Arum Widyaningtyas
Arum Widyaningtyas Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Best Prestice

28 Januari 2023   12:15 Diperbarui: 28 Januari 2023   12:27 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media canva pada Peserta Didik Kelas X

Lokasi    : SMKN 1 Pemalang

Penulis  : Arum Widyaningtyas, S.Pd.

Tanggal : Aksi 2 PPL PPG 12 Januari 2023

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah sebagai berikut.

  • Guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Guru belum mengunakan media pembelajaran
  • Peserta didik masih kesulitan membedakan teks anekdot dengan teks humor
  • Peserta didik masih kesulitan dalam menuangkan ide dalam tulisan
  • Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif dan kreatif
  • Peserta didik masih kurang fokus dalam proses pembelajaran

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

  • Waktu yang berbarengan dengan kegiatan sekolah, kepanitiaan kegiatan, PPL teman jurusan lain, dll.
  • Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan.
  • Sarana dan prasarana yang kurang merata di semua ruang kelas sehingga secara bergilir menggunakan ruangan dengan perlengkapan yang lengkap.
  • Peserta didik yang cenderung bosan dengan pola pembelajaran yang konvensional dan guru dituntut lebih kreatif dan inovatif.

Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar.

Dalam mencapai tujuan pada praktik pembelajaran inovatif ada beberapa pihak yang terlibat adalah ...

  • Peserta didik sebagai komponen utama dalam proses pembelajaran (X TKJT 3)
  • Guru sebagai fasilitator, pengajar, sekaligus pendidik.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dan korektor dalam pelaksanaan praktik pembelajaran.
  • Siswa jurusan TJKT  3 sebagai juru kamera pengambilan dokumentasi foto dan video selama praktik pembelajaran berlangsung.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru,langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Guru memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Guru mencari kajian literatur yang mendukung sehingga mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Kajian literatur bisa didapat dari buku-buku yang relevan ataupun dari jaringan internet.
  • Setelah mendapat alternatif solusi kemudian guru memutuskan menggunakan metode Project Based Learning (PJBL) dengan berbantuan media canva pada keterampilan menulis teks anekdot.

Strategi yang Digunakan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun