Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Orang biasa. Tinggal di desa. Masih sedang belajar mengeja aksara.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Viralkan

8 Agustus 2021   16:43 Diperbarui: 8 Agustus 2021   17:21 77 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Viralkan
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Betapa ampuhnya sebuah benda dalam genggaman tangan. Dengan hanya satu klik saja jari telunjuk menekan aplikasi yang tersedia di dalamnya, seorang pelaku kejahatan mampu dibekuk aparat penegak hukum.

-

Seorang wanita yang tengah melintas di sebuah jalan kecil yang lengang, di tengah pemukiman padat penduduk, tiba-tiba dihampiri sebuah sepeda motor yang dikendarai dua orang pria dari arah belakang.

Tanpa disadarinya, tas yang sedang dipegang oleh wanita itu tiba-tiba dengan secepat kilat direbut paksa oleh lelaki yang semula duduk di jok belakang sepeda motor itu.

Bisa jadi karena kaget, dan kekuatan wanita yang lebih lemah dibandingkan dengan pria, tas milik wanita yang di dalamnya berisi telepon genggam, sejumlah uang, dan berbagai alat perias untuk mempercantik tampilan kaum wanita, dalam sekejap langsung berpindah tangan.

Hanya dalam hitungan detik, pria itu sudah meloncat kembali ke ke atas jok belakang sepeda motor. Dan pria yang memboncengnya langsung tancap gas. Sementara wanita paruh baya itu masih terdiam kaget.

Baru ketika sepeda motor itu lenyap ditelan belokan gang, wanita itu tersadarkan. Dirinya telah menjadi korban penjambretan. Kemudian ia pun melolong berteriak minta tolong.

Maka sesaat kemudian warga sekitar berhamburan keluar rumah. Menghampiri wanita malang itu, tentu saja. Mereka langsung bertanya kejadian apa yang menimpanya.

Apa boleh buat. Untuk sesaat warga yang berkerumun tidak bisa menolong lebih jauh, mereka tidak menemukan pelaku kejahatannya, tentu saja.

Untunglah dalam situasi yang panik itu, beberapa warga cepat pulih kesadarannya. Di sekitar gang itu ada beberapa warga yang termasuk golongan berkecukupan memasang CCTV di depan rumahnya.

Nah, melalui alat itu pula, seluruh peristiwa yang menimpa wanita itu dapat terekam dengan jelas. Kemudian rekaman kejadian itupun direkam ulang ke dalam telepon genggam milik beberapa warga, dan disebarluaskan melalui media sosial masing-masing. Dengan memakai caption yang menarik, dan dengan gaya masing-masing tentunya. Tapi yang jelas, di semua postingannya itu dibubuhi kata: Tolong viralkan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan