Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pelajaran dari Pembobolan Rekening Ilham Bintang

21 Januari 2020   10:46 Diperbarui: 21 Januari 2020   11:15 917
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai orang yang pernah hampir ditipu dan dibobol akun elektronik, saya juga ikut prihatin dengan apa yang dialami oleh wartawan senior Ilham Bintang.

Cerita musibah  seperti yang dikutip dari beberapa sumber adalah Ilham Bintang terkena kejahatan pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) ponsel dan pembobolan uang di rekening bank miliknya. Tak tanggung-tanggung, akibat kejahatan yang dialaminya, Ilham merugi hingga ratusan juta rupiah.

Ilham memang baru mengetahui kejahatan itu dialaminya  ketika nomor Indosat-nya tidak bisa dipergunakan saat liburan akhir tahun ke Australia.  Sesudah itu, mungkin karena curiga saat mengecek ATM Commonwealth Bank di Melbourne pada tanggal 6 Januari 2020, Ilham lalu melihat rekeningnya telah dikuras habis.

Saat kembali ke Indonesia, Ilham pun langsung melapor ke Indosat dan Commonwealth Bank, dan pada tanggal 17 Januari 2020, Ilham melapor lagi ke Polda Metro Jaya.

Setelah diurai kembali, terjadinya pembobolan rekening Ilham Bintang dimulai dari pemalsuan identitas miliknya  oleh seseorang yang mengaku Ilham Bintang.

Orang tersebut telah datang ke gerai Indosat di Bintaro Jaya XChange dan mengaku bernama Ilham Bintang dan berkilah bahwa kartu SIM atau kartu seluler SIM miliknya sedang rusak.

Untuk berita ini, Indosat sudah mengakuinya, dan berjanji akan memperbaiki sistem. "Hasil investigasi, benar ada pergantian kartu mengatasnamakan Bapak Ilham Bintang," kata Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Oeredoo,  Senin (20/1/2020).

Bukan itu saja, pihak Indosat Ooredoo juga berjanji akan bekerja sama untuk menangani kasus ini. "Kami akan bekerja sama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami," tambah Turina.

Selain Indosat, pihak Commonwealth Bank juga telah berespons terhadap bobolnya akun rekening bank Commonwealth milik Ilham.  Melalui SVP Corporate Communications & Financial Inclusion PT Bank Commonwealth Bayu Irawan, pihak bank  menjelaskan bahwa mereka akan siap membantu menyelesaikan masalah yang menimpa salah satu nasabahnya tersebut.

"Kami turut prihatin dengan kejadian yang dialami oleh bapak IB (Ilham Bintang) Kami siap membantu proses atau langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mendapatkan kejelasan atas kejadian ini," kata Bayu dalam siaran pers, Senin (20/1/2020).

Pihak bank juga menjelaskan bahwa dalam transaksi mobile dan internet banking yang telah terjadi, prosesnya  telah dilakukan dengan user id dan password yang benar, dan sebelum transaksi dijalankan, Bank selalu mengirimkan OTP (One Time Password) untuk konfirmasi transaksi baik yang melalui mobile banking maupun internet banking sesuai dengan prosedur Bank.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun