Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

"Determinazione" di Bulan Maret

1 Maret 2018   08:47 Diperbarui: 1 Maret 2018   09:20 1115 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Determinazione" di Bulan Maret
Menunggu determinasi Maret Juventus di tangan Allegri (Bolasport.com)

Bagi Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, Maret adalah bulan penentuan bagi Juventus, sejauh mana mereka bisa melangkah di setiap kompetisi yang diikuti. Allegri menyebutnya sebagai determinazione, atau dalam bahasa Indonesia, Determinasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian determinasi dalam dua pengertian, pertama, menentukan (menetapkan, memastikan) dan kedua, sebuah ketetapan hati (dlm mencapai maksud atau tujuan).

Dalam bahasa Filsafat, maka determinasi ini bisa digali lebih dalam. Filosofi tentang determizione ini jika dilihat dari sudut pandang manusia maka determinasi itu sifatnya adalah relatif. Manusia yang terbatas hanya bisa menjaga determinasi ini dalam sebuah batasan ruang dan waktu. Sedangkan jika sudah berhubungan dengan Yang maha pencipta, determinasi ini menjadi absolut.  

Allegri memang pelatih yang sering memaksimalkan batasan ruang dan waktu itu dalam bentuk target bagi anak asuhnya. Ketika banyak pelatih lain masih sibuk dengan urusan taktik atau strategi, determinasi Allegri sudah berbentuk sebuah angka. "Melihat performa Napoli, proyeksi untuk meraih scudetto adalah 96 poin" ujar Allegri pada awal tahun ini.

Cara berpikir Allegri mengingatkan saya akan ciri dalam prinsip determizione. Ketika diperkenalkan filsuf Jerman, Immanuel Kant, Filosofia determizione ini memiliki ciri yang berkaitan erat yaitu Qualita dan Quantita, kualitas dan kuantitas.

Namun harus hati-hati karena ketika melihat ini sebagai human plan, maka Allegri akan dapat tertunduk malu bahwa determinasi ini akan sangat relatif, dan bukan absolut. Syukurah, ini disadari oleh Allegeri. "Kita lihat di mana posisi kami pada 18 Maret ketika Serie A rehat. Setelah itu sangat sulit meraup angka karena setiap tim pasti berjuang keras di partai sisa," ungkap Allegri di awal Februari.

Gagasan ini memastikan bahwa keputusan-keputusan dari para "pelaku" tidak akan  menghasilkan sesuatu yang lain dari apa yang mereka kehendaki, jika semuanya direncanakan dengan sebuah ekad maka tidak ada lagi sebuah "kemungkinan" atau "keteracakan" tetapi sebuah kepastian.  Ini bisa berarti bawah determinasi menghasilkan sebuah kualitas permainan dan juga didapat dari sebuah  kepastian akan tercapainya target kuantitas.

Ada sebuah "kemungkinan" yang dapat terjadi di bulan Maret ini, bagi Juventus atau bagi setiap klub elit eropa seperti PSG, Barcelona dll yang masih terlibat dalam setiap kompetisi yang diikuti dilihat  dari prakondisi apa yang dianggap sebagai penentu dari suatu peristiwa atau tindakan.

Bulan Maret ini dapat dianggap sebagai fase paling sulit yang dihadapi mereka. Klub elit Inggris seperti Manchester City, bahkan "terkesan" harus melepas Piala FA terlebih dahulu untuk kemudian melumat Arsenal di Piala Liga. Pemastian ini, diperlukan karena di bulan Maret nanti, Liga Champions sudah menunggu dengan jadwal yang akan lebih padat, sembari menjaga posisi mereka di puncak klasemen meski sebernanya cukup aman.

PSG bahkan mendapat ujian paling besar di Liga Champions. Jadwal leg kedua 16 besar Liga Champions yang akan berlangsung pada 6, 7 Maret dan 13, 14 Maret 2018 ini adalah ujian sesungguhnya bagi anak-anak Paris.  Laga-laga mudah di Perancis terlalu timpang untuk menilai skuat mahal yang dimiliki mereka.

Kondisi cederanya Neymar dan tertinggal 1-3 saat laga tandang di Madrid membuat suasana tempat latihan mereka, Camp des loges menjadi penuh tekanan. Ini bisa jadi pertanda bahwa nasib Unay Emery sudah berada di ujung tanduk sebagai seorang pelatih dan target juara di Liga Champions dari sang pemilik, Nasser Ghanim Al-Khelaifi kembali hanya menjadi sebuah mimpi indah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x