Mohon tunggu...
Arnol Goleo
Arnol Goleo Mohon Tunggu... Lainnya - GOLMEN

Sepakbola, suka menulis, suka film humor (lucu) sebab tertawa itu gratis. Ingin dikenal dunia, menulislah!

Selanjutnya

Tutup

Bola

Musabab Munculnya Kericuhan dalam Pertandingan Sepak Bola di Indonesia

3 Oktober 2022   02:14 Diperbarui: 3 Oktober 2022   02:22 103 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sepak Bola adalah salah satu cabang olahraga yang sangat bergengsi di dunia. Dan salah satu juga hiburan yang sangat digemari banyak orang, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga dalam skala desa.

Berbicara sepak bola berarti bukan hanya pemain tentunya, tetapi suporter termasuk di dalamnya yang ikut terlibat atau meramaikan pada setiap ajang pertandingan. Sehingga menarik untuk dibahas dalam hal ini.

Tentu, dalam permainan sepak bola tidak ramai bila tidak ada suporter atau penonton yang ikut meramaikan dalam sebuah pertandingan termasuk pertandingan cabang olahraga lainnya.

Namun, baru-baru ini terjadi ricuh dalam pertandingan sepak bola antara suporter klub Arema vs Persebaya serta berujung tragis hingga memakan korban jiwa sekitar 127 orang.

Mengapa kericuhan itu terjadi? Apa musabab sehingga terjadinya ricuh dalam pertandingan sepak bola? Apakah kesalahan hakim garis? Apakah karena kesalahan wasit? Ataukah kesalahan pemain atau suporter? Harusnya bagaimana caranya agar aman dan nyaman dalam sebuah pertandingan sepak bola?

Setiap kericuhan yang terjadi dalam sebuah permainan sepak bola adalah suporter. Tetapi tidak dapat dipungkiri bisa saja ini terjadi kerena awal mula di picu oleh pemain sendiri di dalam lapangan.

Mengapa? "Misalnya, pemain tidak menjaga sportivitas sehingga antar pemain aduh mulut atau memukul lawannya karena tidak menerima kekalahannya, ini juga bisa menimbulkan atau mengajak kericuhan antar suporter."

Selain itu, wasit juga harus sportif karena wasit sebagai tugas utama di dalam lapangan sebagai hakim penentu berjalannya pertandingan.

Intinya, baik itu pemain, wasit atau hakim garis, dan suporter menjaga sportivitas agar tidak terjadi kericuhan dalam sebuah pertandingan. Sebab, dalam sebuah pertandingan pastinya ada yang kalah dan ada pemenang.

Sebab timbulnya kericuhan dalam pertandingan sepak bola adalah suporter yang tidak terima dengan kekalahannya atau klub yang didukungnya itu kalah. Karena ribuan penonton yang hadir di dalam pertandingan tidak mungkin dapat di atasi oleh pihak keamanan.

Melihat kondisi pertandingan sepak bola di Indonesia kalau suporter tidak menjaga sportivitas seperti kejadian beberapa hari lalu di Kanjuruhan Malang. Alangkah baik aman dan nyaman berjalannya pertandingan suporter jangan diikutkan atau diizinkan masuk dalam stadion sepak bola di manapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan