Hingga saat ini animasi merupakan hiburan visual yang sangat laris. Animasi menggunakan gambar yang unik dengan desain gambar tiga dimensi yang lucu layaknya kehidupan nyata. Biasanya animasi ini dibuat dalam film, game, iklan, dan lain-lain. Dalam pameran animasi biasanya menampilkan kreativitas dan inovasi dalam penayangan animasi. Tak hanya para animator saja, tetapi pameran ini dapat menarik minat para pelajar, mahasiswa, dan peminat kartun. Jadi pameran animasi tentunya bisa dinikmati oleh semua kalangan.Â
Sebagian orang beranggapan bahwa menonton animasi sama saja dengan kartun anak-anak. Padahal banyak karya film animasi yang mengangkat kisah dengan makna yang hanya bisa dipahami maknanya oleh orang dewasa dan tidak mungkin bisa dipahami oleh anak kecil. Animasi dengan mengangkat kisah yang dapat membawa emosi penonton adalah animasi yang sangat bagus kualitasnya. Seperti film animasi "Jumbo", padahal itu hanya sebuah gambar bergerak yang tidak nyata. Namun illustrator berhasil dalam mengangkat kisah yang mampu membuat animasi terlihat nyata dan membawa emosi penonton.Â
Pameran animasi ISI Yogyakarta yang diselenggarakan pada tanggal 23 Mei 2025 merupakan sebuah acara yang sangat menarik dan inspiratif. Dalam pameran tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai karya seni animasi yang unik dan inovatif. Bahkan pengunjung juga dapat ikut serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang mendukung kreativitas dan menambah pengetahuan tentang animasi.Â
Pada pameran yang bertema "Waini" tersebut menampilkan berbagai karya seni animasi. Tidak hanya sekedar menampilkan sebuah gambar animasi, tetapi dari semua masing-masing gambar memiliki inovasi dan makna tersendiri. Dalam pameran gambar terpajang banyak gambar animasi yang unik dan inovatif. Setiap gambar yang dipamerkan mewakili cerita masing-masing didalamnya. Terlihat sebagian gambar animasi yang menggabungkan antara animasi dengan kebudayaan jepang dan kebudayaan jawa menjadi satu gambar. Ini menunjukkan kreativitas indonesia di bidang seni. Tak heran jika semua gambar yang dipamerkan adalah karya seni yang indah, karena seluruh pendesain karyanya adalah seorang seniman animasi.Â
Selain menampilkan pameran gambar, pada pameran tersebut juga memamerkan animasi dengan berbagai jenis. Tidak hanya gambar animasi saja, tapi juga ada animasi dalam bentuk game yang mereka buat. Disana terdapat scan aplikasi game yang dapat dibuka pada bulan September mendatang. Dan disampingnya terdapat game yang didesain secara offline, jadi pengunjung bisa menjajal game itu secara langsung menggunakan papan game yang telah penyelenggara sediakan. Mereka akan diarahkan oleh penjaga stand game dan bisa memainkan bersama dengan staf pameran yang menjaga atau bisa bermain bersama teman - teman.Â
Selain itu yang tidak kalah menarik adalah terdapat stand melukis untuk para pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam memamerkan gambarnya. Disana terdapat peralatan gambar yang lengkap, seperti kertas, meja lighting, dan macam-macam jenis pewarna untuk menggambar. Jika ingin berpartisipasi menggambar, staf akan memberikan 1 kertas kosong dan 1 kertas yang terdapat foto untuk dijiplak. Menggambar tidak harus benar-benar mirip dengan gambar yang tercantum. Para tamu bisa menambahkan kekreatifitasan mereka dalam gambar. Â Kemudian hasil dari gambar tersebut akan di pajang di sekitar stand gambar sesuai dengan urutan nomor yang didapat di kertas masing-masing.Â
Pada saat saya menghadiri pameran itu, yaitu pada tanggal 23 Mei 2025, kebetulan terdapat penayangan screening animasi yang terbuka untuk semua pengunjung. Di dalam sana akan menayangkan hasil video animasi dari karya - karya seseorang yang mengajukan untuk meminta bantuan saran dan masukan. Dengan mengikuti acara ini, akan menambah pengetahuan mengenai pembuatan animasi. Saya sebagai orang yang hanya bisa menggambar gambar sederhana saja jadi mengetahui ilmu dasar mengenai pembuatan animasi. Dengan penayangan animasi dan penilaian dari narasumber juga membuat saya ikut mengetahui apa saja kekurangan yang mungkin terdapat di sebuah animasi. Di Setiap gerakan animasi harus selaras dan sama seperti di dunia nyata. Seluruh pergerakan benar - benar harus diperhatikan agar hasil dari animasi bisa terasa nyata oleh penonton.Â