Mohon tunggu...
Arke
Arke Mohon Tunggu...

2 + 2 = 5

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Menyoal Bahasa Kekinian 'dari Hongkong?!'

11 Mei 2016   19:21 Diperbarui: 11 Mei 2016   19:31 673 39 86 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Bahasa Kekinian 'dari Hongkong?!'
gambar koleksi pribadi

Ade yang tau kagak ye asal muasal kalimat aneh yang sering terdengar dari anak anak gahol yang cuma ada di Indonesia “dari Hong Kong?!” . Salah satu dari bahasa kekinian alias bahasa gaul dari sekian banyak kata atau bahasa gaul lainnya yang jika diucapkan dengan bibir dimemble memblein berasa jadi gahol getoh

Saat ane beli gorengan dulu kertas pembungkusnya ternyata sobekan dari kamus bahasa gaul, dan kebetulan ane nemu nih arti dari beberape bahasa gaul, dan yang menarik ya yang 'dari Hongkong' ini. Dalam sobekan kertas yang berminyak ntu tertulis gini:

Frasa 'dari Hongkong?!' adalah gabungan antara kesal dan tanya, makanya tandanya dua (tanda tanya dan tanda seru) . Umumnya, frasa itu biasanya diungkapkan dengan nada kesal bahkan sedikit agak “marah”, untuk membantah atau menyangkal pembicaraan kawan/lawan bicara, juga bermakna cibiran dan sindiran.

Kenapa harus dari Hongkong yak? Kok bukan dari Rwanda misalnye, atau yang agak kerenan dikit dari Banjar Patroman gitu. Jadi semisal ade temen yang cerewet kagak liat kondisi kite pas lagi apes, "eh Arke, sempak ente kinclong dan wangi nih. Pasti sempak mahal yak?". Terus dijawab "mahal dari gunung sindur?!". Kok tetep garing yak, kurang gahol getoh. (sambil memble).

Tapi begimanepun bahasa gaul emang kagak bisa dipisahkan dari bahasa manusia kekinian, terutama kaum muda. Jangankan kaum muda, kaum yang udeh batuk batuk ame pelupa pun kadang ngikutin gaul juga, bisa jadi karena menantunye atau cucunye yang gaul, istri/suaminye yang gaul. Ade crita dikit sih soal bahasa gaul 'dari Hongkong' ini, jadi ade dua orang sohib, yang atu koplak yang atu orangnye relijius abis, kalem badai dah. Tiap hari suka ngingetin sohibnye buat ibadah. Dasar sohibnye koplak bin kenthir kadang malah disepelein bahkan dijadiin olok olok.

Suatu ketika pas doi ngingetin sohib koplak yang asyik maen game jelang tengah malam untuk sholat tahajud, eh sohibnya malah nyuekin. Pas doi selesai tahajud dan mau masuk kamar lewat depan sohibnya yang sibuk main game si sohibnye nyeletuk gini, "rajin amat ente tahajud. Pasti masuk surga ente". Karna kesel dan jengkel diajakin ibadah gak mau malah ngeledek begituan, doi ngebales gini, "Surga surga... Surga dari Hongkong?!". Eeeh, selang seminggu doi yang ngucap gitu beneran kawin dengan cewek yang baru pulang dari Hongkong. Sang sohibpun nyengir. Dan kini sang sohib koplak itu sedang rajin rajinnya tahajud. Namanye Cuker yang disangkakan sebagai pakde Kartono (oleh orang orang stres).

Notes: Kata katamu adalah do'a, meskipun gahol getoh... wakakaka

Salam Stres

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x