Mohon tunggu...
Arin Yunita
Arin Yunita Mohon Tunggu... Guru - guru

saya memilki hobi bermain voli dan bulutangkis. kegiatan sehari-hari menjadi seorang guru dan ibu rumah tangga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode "STAR"

8 Desember 2022   08:48 Diperbarui: 8 Desember 2022   11:20 1018
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Praktik Baik (Best Practice) merupakan deskripsi mengenai pengalaman keberhasilan selama melaksankan profesi yang dilaksanakan. Salah satu contohnya pengalaman guru dalam melaksakan pembelajaran di kelas. Guru dalam melaksanakan pembelajaran harus didukung dengan adaya model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar, LKPD, dan penilaian yang sesuai yang tepat. Dari keberhasilan dalam praktik pembelajaran tersebut guru berarti telah mampu memaplikasikan pengetahuan pedagogiknya dan penguasaan materi sehingga peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan.

Penulis merupakan mahasiswa PPG DALJAB pendidikan IPS Universitas Negeri Malang. Adapun penulis bertugas sebagai guru di SMP Muhammadiyah 7 Sempu yang berada di wilayah Kabupaten Bnayuwangi, Provensi Jawa Timur, sekaligus menjadi lokasi tersebut menjadi tempat praktek mengajar untuk kegiatan PPG ini. Praktik mengajar dilakukan pada jenjang SMP kelas 7 dengan mata pelajaran IPS dengan menggunakan kurikulum merdeka. Penyususnannya menngunakan Metode STAR (Strategi, Tantangan, Aksi, Refleksi hasil dan dampak).

Adapaun pelaksanaan praktik tersebut dilakukan dalam beberapa aksi, yang terdiri dari:

  • Aksi 1:13 oktober 2022 dan 18 Oktober 2022
  • Aksi 2: 27 Oktober 2022 dan 1 November 2022
  • Aksi 3: 10 November 2022 dan 15 November 2022
  • Aksi 4: 24 November 2022 dan 29 November 2022

Ada tujuan yang ingin dicapai dari praktik mengajar yang dilakukan. Hal ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pengamatan mengenai permasalahan yang terjadi pada peserta didik di kelas. Adapun Tujuan yang ingin dicapai yaitu:

  • Meningkatkan motivasi  peserta didik dalam  pelajaran IPS kelas 7C dengan mengunakan model Problem based learning (PBL)
  • Meningkatkan minat membaca peserta didik dalam pelajaran IPS kelas 7C dengan mengunakan model kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition)  dan metode mind mapping)
  • Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pelajaran IPS kelas 7C dengan mengunakan model pembelajaran inquiry terbimbing (berbantu media gambar)
  • Meningkatkan Minat belajar  peserta didik terhadap pelajaran IPS kelas 7C dengan mengunakan dengan mengunakan model Problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran power point

Berdasarkan Metode STAR langkah yang pertama dilakukan yaitu menentukan situasi yang melatarbelakangi pelaksanaan praktik mengajar yang akan dilakukan. Adapun situasi yang terjadi yaitu:

  • Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran terhitung hanya 60 % yang aktif dalam pembelajaran
  • Peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran dikarenakan motivasi belajar yang rendah
  • Peserta didik kurang memahami materi pembelajaran karena minat baca yang rendah terhitung hanya 50 % mampu memahami materi
  • Peserta didik kurang percaya diri dalam dalam kegiatan pembelajaran khusunya dalam mengemukakan pendapatnya
  • Penyampaian materi yang kurang inovatif dan menarik

dokpri
dokpri

Peran dan tanggung jawab dalam pelaksanaan praktik tersebut:

  • Kepala sekolah:Mengawasi dan membimbing agar proses pembelajaran sesuai rencana atau strategi yang sudah ditetapkan.
  • Guru:Melaksanakan dan mengolah proses pembelajaran agar berjalan dengan interaktif, efektif, inovatif, dan menyenangkan. Pembelajaran menggunakan model dan media yang tepat serta inovatif dapat mempermudah guru mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sehingga diharapkan akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajarn yang akan dicapai.
  • Rekan sejawat:Membantu proses berlansungnya pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan masukan, usulan dan pendapat mengenai proses pembelajaran yang baik.

Setelah menentukan strategi, langkah selanjutnya yaitu menyebutkan tantang yang dihadapi dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tantangan secara umum yaitu:

  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik.
  • Guru harus mampu menggunkan media yang menarik dan inovatif
  • Menggunakan sumber belajar yang relevan dan menarik
  • Guru harus mampu menumbuhkan keaktifan dengan memberi motivasi pada peserta didik

Adapun tantangan yang dihadapi setiap Aksinya yaitu:

Aksi 1:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun