Mohon tunggu...
Arif BudiDarmawan
Arif BudiDarmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Terbentur,Terbentur, lalu Tebentuk

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKM- DR UIN Malang Bersama Kelompok Taruna Tani Membuat Pupuk Organik EM-4 dengan Limbah Sayuran

26 Januari 2022   20:41 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:02 77 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dokpri
Dokpri

Bertempat di Dusun Kenteng, Desa Ngantru, Kabupaten Malang sejumlah 15 orang mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan program Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) dengan mengusung tema "Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat". KKM-DR ini dilaksanakan selama satu bulan penuh dimulai dari tanggal 27 Desember 2021 sampai 27 Januari 2022.

Ketua kelompok KKM-DR di Desa Ngantru ini menerangkan bahwa salah satu program unggulannya yaitu pembuatan pupuk organik dari limbah sayuran, dikarenakan banyaknya limbah sayuran yang tidak di manfaatkan dengan baik di desa ini. Serta mayoritas masyarakat Desa Ngantru adalah petani.

"Setelah melihat keaadan sekitar dan juga berkoordinasi dengan ketua kelompok Taruna Tani yaitu bapak Heri program rancangan kami disambut dengan baik bahkan akan difasilitasi mengenai peralatannya ucap beliau." jelasnya, Minggu (02/01/22).

Ketua kelompok Taruna Tani, Heri Purwanto menjelaskan bahwa kebiasaan masyarakat setempat dalam mengolah ladangnya yaitu dengan menggunakan pupuk kimia ketimbang pupuk organik.

"Sebagian masyarakat disini lebih suka menggunakan pupuk kimia padat yang mereka beli dipasaran dikarenakan simpel dan mudah didapat, daripada menggunakan pupuk organik." ujarnya saat ditemui di kediamannya, Senin (03/01/22).

Selanjutnya, beliau menjelaskan penggunaan pupuk kimia terhadap tanaman yang dimana merusak ekosistem lingkungan setempat dan juga merusak kandungan unsur  di dalam tanah. Akan tetapi, jika dilihat dari cepatnya hasil panen dan kemudahan mendapatkan pupuk maka penggunaan pupuk kimia merupakan solusinya.

Pembuatan pupuk organik EM-4 menggunakan limbah sayuran ini merupakan terobosan baru bagi waga setempat dan dengan program usulan dari kami ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar sesama petani setempat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan