Mohon tunggu...
Moch Ari Kholid Mandala Putra
Moch Ari Kholid Mandala Putra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN KHAS Jember

S1 Hukum Ekonomi UIN KHAS BWI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Indonesia Bebas Korupsi?

16 Oktober 2021   12:51 Diperbarui: 16 Oktober 2021   13:15 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia adalah negara kita semua. Pastinya kita menginginkan negara kita bisa bebas korupsi. Tentunya dari korupsi yang dilakukan oleh oknum oknum pemerintah yang tidak bertanggung jawab, dapat mengakibatkan kerugian besar didalam negara, serta memperbanyak kemiskinan di negri tercinta ini.

Dalam hal ini kita akan menyinggung apakah Indonesia bisa bebas dari korupsi ? itu pertanyaan hampir semua rakyat Indonesia yang mempertanyakan. Lantas apa yang harus kita lakukan ? apakah kita harus berdiam diri dan merenungi nasib negara kita sendiri? Tentu saja tidak! Maka dari itu artikel kali ini akan menyinggung tentang Indonesia bebas korupsi?.

Korupsi berasal dari Bahasa Latin, corruptio. Kata ini sendiri memiliki kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, atau menyogok. Menurut Andi Hamzah dalam bukunya "Pemberantasan Korupsi," dari Bahasa Latin itulah kemudian turun ke banyak bahasa di Eropa, seperti Bahasa Inggris yaitu corruption, corrupt; Bahasa Prancis yaitu corruption; dan Bahasa Belanda yaitu corruptie, korruptie. Dari Bahasa Belanda inilah, kata itu turun ke Bahasa Indonesia, korupsi (KPK RI, 2015).

Dapat disimpulkan bahwa korupsi adalah tindakan memperkaya diri sendiri atau mengutamakan kepentingan pribadi. Tindakan korupsi dapat merugikan banyak pihak, baik masyarakat maupun negara. Oleh karena itu, korupsi harus diberantas.

Lalu melihat dari sudut pandang Indonesia pada saat ini apakah Indonesia masih bisa bebas dari korupsi? Tentu saja jawabannya pasti bisa seperti kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol. Firli Bahuri, M. Si.. "Siapa pun dia, jabatan apa pun yang dia miliki, status apa pun dia, maka tidak boleh lepas dari konsep berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didirikan dan dibangun oleh para pendiri bangsa,"

Lebih lanjut Firli menyampaikan dalam mengemban tanggung jawab sebagai anak bangsa, setidaknya harus memahami tujuan negara yang diamanatkan pada Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-4. Tujuan negara tersebut adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

"Tujuan negara tersebut memang tidak pernah disebutkan siapa yang bertanggung jawab, tetapi yang pasti tidak boleh ada individu anak bangsa yang boleh terlepas dari tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan negara tersebut," ujar Firli.

Lantas dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan meneruskan kepemimpinan Indonesia, kita yang harus menjaga negeri ini bebas dari korupsi. Tanamkan jiwa tidak korupsi dari sejak dini, diedukasikan terhadap anak anak sejak dini agar tidak ada jiwa jiwa korupsi sejak dini, lalu sikoruptor harus dihukum secara tegas dan harus di adili se adil adilnya.

Jika kita bisa menerapkan itu semua kemungkinan besar Indonesia dimasa mendatang akan bebas dari korupsi dan Indonesia bisa lebih aman dan damai seperti yang di damba dambakan rakyat indonesia sekarang.

Kita harus mencontoh negara Denmark, dimana negara tersebut menempati posisi teratas negara bebas korupsi. Bila dicermati negara tersebut tidak sebanyak dan seberagam di Indonesia. Indonesia memilik potensi kekayaan yang sangat besar, didukung dengan letak Indonesia di garis khatulistiwa dimana sepanjang tahun mendapatkan pancaran sinar matahari, Indonesia menjadi negara impian banyak orang datang. Mengapa? Indonesia hanya mengenal dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Walapun saat ini kita mengalami pergeseran waktu musim, namun perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin, tidak seekstrim negara-negara lain. Selain cuaca yang bersahabat, wilayah Indonesia memiliki beberapa potensi strategis yaitu terletak di antara 2 benua yaitu benua Asia dan Australia dan terletak di antara dua samudera yaitu samudera Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dan ekonomi dunia.

Selain dengan potensi posisi yang strategis, Indoensia yang terletak pada garis khatulistiwa memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat besar, diantaranya adalah memiliki :

  1. 220.000 jenis fauna
  2. 30.000 keragaman hayati
  3. Rp 7.200 triliun potensi maritime
  4. 746 bahasa daerah
  5. 4,3 miliar barrel minyak
  6. 7,2 TCF Gas Alam
  7. 2,33% cadangan emas dunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan