Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mulai menulis di Kompasiana pada 1 Desember 2018. Sebentar lagi memasuki perayaan tahun ketiga saya di sini tepatnya pada 1 Desember 2021. Semoga bisa mencapai 2.000 karya tulisan di Kompasiana tahun ini. Sekarang sudah mencapai lebih 1.830 tulisan, sampai 10 November 2021, berarti masih kurang sekitar 170 tulisan. Doakan bisa mencapainya ya, para sahabat kompasianer dan pembaca sekalian. Terima kasih untuk doa dan dukungannya.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mewujudkan Net Zero Emissions Melalui Lima Kebiasaan Baik Ini

24 Oktober 2021   11:58 Diperbarui: 24 Oktober 2021   12:03 260 40 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto dari: www.actuaries.digital

Efek samping emisi karbon tidak bisa dihindari berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Jika tidak dikendalikan akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Kita diberi akal budi oleh Sang Pencipta untuk mengatasi masalah yang muncul. Jadi bukan terjebak dalam masalah atau membiarkannya makin berkembang besar. 

Kita perlu bekerja sama mengurangi emisi karbon dalam kegiatan hidup sehari-hari. Netralitas karbon di udara harus diusahakan seimbang dan tidak berlebihan supaya mendukung kehidupan. Apa itu netralitas karbon?

Netralitas Karbon adalah istilah yang digunakan dalam upaya menyeimbangkan antara jumlah karbon dioksida atau gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer dengan cara mengurangi emisi gas rumah kaca dalam suatu kegiatan atau mengeliminasi secara total emisi gas rumah kaca. (Wikipedia)

Kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat kita lakukan untuk wujud peran serta dalam mengurangi emisi karbon di antaranya adalah:

1. Menanam Pohon

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK memberi program menarik dan bermanfaat bagi warga negara Indonesia yaitu membagikan bibit pohon gratis. Bibit pohon diberikan secara gratis kepada perorangan maupun komunitas/kelompok dengan mengikuti prosedur  yang berlaku. Anda bisa juga membaca artikelnya di Kompas.com.

 Jika kita bisa menumbuhkan semangat menanam pohon di hati tiap warga negara, tentunya akan membantu mengurangi emisi gas karbon dioksida. 

Sumber foto: screenshoot KLHK via  kompas.com
Sumber foto: screenshoot KLHK via  kompas.com

Perusahaan besar juga bisa ambil bagian dalam kegiatan menanam pohon. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi jumlah gas rumah kaca yang dikeluarkan dalam proses produksi perusahaan tersebut, kegiatan ini bisa juga disebut sebagai Carbon offset. (Wikipedia)

Tak hanya dalam perusahaan besar, kita bisa juga menanam pohon di halaman rumah kita sendiri.  Tentu saja jika hal ini memungkinkan. Keluarga saya di rumah juga sudah melakukannya. Apakah Anda ingin melakukannya juga, menanam pohon sendiri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan