Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Daun Katuk, Bahan Pangan Lokal Bergizi Tinggi tetapi Tetap Harus Hati-hati

24 Februari 2020   06:30 Diperbarui: 24 Februari 2020   06:33 562 36 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daun Katuk, Bahan Pangan Lokal Bergizi Tinggi tetapi Tetap Harus Hati-hati
Bunga pada tamanan katuk di Jogja. Photo by Ari

Indonesia kaya akan aneka flora dan fauna. Banyak di antara keanekaragaman flora yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah daun katuk. Apakah Anda juga familiar dengan tanaman ini? Pasti Anda yang pernah dengar akan langsung merelasikan dengan kelancaran produksi ASI pada Ibu hamil. Benar bukan? 

Iya, tanaman katuk ini memang terkenal secara umum di Indonesia sebagai tanaman yang jika daunnya dikonsumsi wanita hamil, akan membantu kelancaran produksi ASI. Namun apakah hanya sekedar itu saja manfaatnya? Mari kita telusuri bersama. 

Katuk yang mempunyai nama latin Sauropus androgynus adalah spesies tumbuhan yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tanaman ini termasuk ke dalam genus sauropus dalam suku phyllanthaceae. Tanaman katuk ini tumbuh seperti semak, yang bisa mencapai tinggi dua sampai tiga meter. Tanaman Katuk tumbuh di dataran rendah hingga 1.300 di atas permukaan laut. 

Daunnya berukuran kecil, berwarna hijau gelap dengan panjang lima sampai enam cm. Bunganya berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap. Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun. (Sumber Wikipedia)

Bunga tanaman daun katuk sedang mekar. Photo by Ari

Mengapa tanaman ini perlu diperhitunglan sebagai bahan pangan lokal bernutrisi? Perhatikan kandungan dari daun katuk ini, berdasarkam sumber artikel Tribun Kaltim.co.

Menurut ilmu kedokteran,kandungan yang ada di dalam daun katuk ternyata banyak sekali yang bermanfaat bagi tubuh, seperti; protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B, dan C.

Dalam 100 g daun katuk terdapat: 59 kal energi, 6,4 g protein, 1,0 g lemak, 9,9 g hidrat arang, 1,5 g serat, 1,7 g abu, 233 mg kalsium, 98 mg fosfor, 3,5 mg besi, 10020 mcg karoten, 164 mg vitamin A, B, dan C, serta 81 g air.

Bukankah dari data di atas jelas sekali bahwa daun katuk ini tanaman yang pantas dikonsumsi untuk menyuplai kebutuhan serat/sayuran bagi tubuh kita. Mari kita lihat, manfaat apa saja yang ada pada daun katuk ini.

Tanaman ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah:

1. Melancarkan produksi ASI
2. Mengatasi anemia
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
4. Menjaga kesehatan mata
5. Meningkatkan vitalitas pria
6. Menjaga kesehatan tulang
7. Mengobati luka
8. Mencegah osteoporosis
9. Mengobati influenza
10. Baik untuk ibu hamil
11. Menurunkan berat badan
12. Menambah energi dan stamina
13. Mencegah kanker
14. Meningkatkan produksi sperma
15. Meningkatkan kesehatan mata
16. Bersifat antibakteri dan virus
17. Menjaga vitalitas pria
18. Mengurangi tekanan darah tinggi
19. Bantu obati diabetes
20. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x