Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Mudik Cerdik Pilihan

Mudik Asyik Ala Ari, #DibikinSimpel Aja

28 Mei 2019   19:59 Diperbarui: 28 Mei 2019   20:04 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudik.. hal yang paling saya nanti-nantikan. Sudah sejak lulus SMP saya keluar dari rumah orang tua saya di desa, untuk belajar di kota lain. Jadi sejak SMA kelas 1 saya sudah menjadi anak kos. Berat sekali berpisah dari Bapak dan Ibu untuk tinggal jauh. Iya demi ilmu yang saya kejar sampai Purwokerto. Hanya 3 jam perjalanan naik bus dari desa saya. 

Saya si anak desa setelah lulus SMA, melanjutkan studi ke Surabaya. Wah kalau ini jangan tanya berapa jam ya. Saya jarang naik bus kalau dari Surabaya. Tapi pernah teman saya mengunjungi desa saya dari Surabaya naik bus selama 23 jam saat libur lebaran. Silahkan Anda bayangkan sendiri lelahnya seperti apa. Bukan hanya itu, macetnya jalan saat mudik akan menambah derita berkepanjangan. Saya berlebihan ya? 

Waktu di Surabaya, saya biasa menggunakan jasa kereta api untuk mengantar saya pulang kampung. Kereta api jaman dulu, bukan KA jaman now yang udah tertib. Anda tak akan percaya yang saya bilang bila tidak alami sendiri. Saya bisa loh, demi mudik, berdiri sepanjang perjalanan di gerbong kereta api. Saya pernah mengalami sampai menggerakan kaki saja tak bisa. Karena sudah berdesakan dan ada kaki-kaki orang-orang yang sama tujuannya dengan saya. Iya. Mudik. Sesak dan panas. Mau bagaimana lagi demi mudik, bertemu orang tua. 

Desaku. Tempat tujuan mudik. Photo by Ari
Desaku. Tempat tujuan mudik. Photo by Ari
Nah, dengan kepadatan dan kepenatan kerja di luar kota, siapa sih yang tidak ingin mudik ke kampung halaman yang asri seperti foto di atas. Bahkan segala resiko bisa dikesampingkan demi mudik. Itu kisah masa-masa "sulit" saya berkaitan dengan mudik di masa lampau. Bukan hanya saya, banyak orang juga senasib dengan saya. Berdesak-desakan di kereta api. Demi bertemu orang-orang tercinta yang dekat di hati.

Kalau normal saja, dulu, kereta api jam 6 pagi berangkat dari Stasiun Gubeng, Surabaya, sampai desa saya bisa jam 5 sore. Nah kalau mudik lebaran naik kereta api, saya tidak terlalu ingat bisa sampai jam berapa di desa saya. Kalau dari Surabaya biasanya selalu tepat waktu berangkatnya. 

Tapi kalau sudah jalan dari kota ke kota, jaman dulu ya, kereta apinya bisa telat-telat sampai kota tujuan, itu hal yang  sudah biasa. Pernah saya nunggu sampai 2 jam belum juga tiba dari jadwal seharusnya. Gara-gara kejadian sering telat di masa lampau, saya pernah santai-santai datang terlambat ke stasiun KA. Pikir saya dari pada nunggu di stasiun, mending tunggu di rumah. Baru saja saya sampai  depan stasiun, kereta apinya sudah jalan. Saya ditinggalin begitu saja. Eh siapa yang salah ini. Iya saya yang salah, sudah berani terlambat datang ke stasiun. Tapi itu menjadi kenangan buat saya. Entahlah dikategorikan kenangan apa. Pahit atau manis? Apapun itu, saya terima saja.

Purwokerto, Surabaya, lalu lanjut ke Jakarta dan Pamulang. Kota-kota yang pernah saya tinggali dan mengaharuskan saya mudik saat liburan. Pernah juga saya mudik baik bus kota saat tinggal di Pamulang. Malah hampir tiap mudik saya naik bus kota, lebih murah dan terjangkau. Apalagi saya selalu pilih bus yang tanpa AC. Maklum saya orangnya tidak tahan dingin. Pernah satu kali saya naik bus dengan AC, saya menggigil dan rasanya sudah ingin turun bus saja. Tapi tidak mungkin karena perjalanan malam.

Di dalam bus. Photo by Ari
Di dalam bus. Photo by Ari
Saya malah berkisah tentang pengalaman mudik ya di masa lalu. Baiklah ini akan saya bagikan beberapa cara saya menikmati mudik asyik dengan kendaraan umum.

...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Mudik Cerdik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun