Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat si Kuning (Buah Pisang)

18 November 2022   23:40 Diperbarui: 18 November 2022   23:58 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manfaat si "Kuning"...

Sobat pembaca, di rumahku selalu ada tersedia buah pisang karena buah pisang ini adalah salah satu buah yang disukai oleh kami, baik dari orang tua dan anak - anak semuanya doyan makan pisang,  makanya selalu ada si "kecil kuning"  atau buah pisang di rumah. 

"Tiada hari tanpa makan buah pisang".  Sobat, pisang ini biasanya saya mengolahnya menjadi 'jus pisang nanas". Buah pisang dicampur buah nanas dan menjadi minuman sehat pada pagi hari, yang pastinya buah pisang ini menjadi favorit karena setiap membuat jus buah apapun pasti ada tambahan rasa pisang.  Sobat silahkan deh mencobanya dan pasti akan ketagihan.

Pastinya sobat, yang saya ketahui juga buah pisang itu sangat banyak manfaatnya penulis suka baca dan mendapatkan  informasi-informasi di berbagai media. Nah, buah pisang itu yang ada yang berwarna kuning ada juga yang warna hijau (sudah masak).  

Pisang juga sangat baik dan bermanfaat buat para atlet olahraga yang selalu melakukan latihan keras. Para atlet olahraga wajib makan pisang,  kenapa?  ya karena pisang itu berperan besar sebagai pendorong energi dan meningkatkan daya tahan tubuh para atlit itu.  

Jadi tak hanya sebagai sumber energi bagi manusia ternyata nutrisi yang terdapat dalam buah pisang itu dapat mendatangkan manfaat yang sangat banyak terhadap kesehatan tubuh kita.  Baiklah penulis akan menyampaikan beberapa manfaat buah pisang.

Memakan buah pisang baik sekali untuk ibu yang sedang hamil.  Selalu direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah pisang saat sedang hamil, karena di masa kehamilan adalah masa yang diperlukan vitamin-vitamin. 

Dalam  buah pisang ini mengandung vitamin yang lengkap contohnya, kandungan buah pisang itu memiliki kandungan kalori namun kadar lemaknya rendah bahkan lemaknya malah 0 gram, mengandung  protein, karbohidrat, serat vitamin C, riboplavin,  folat,  niasin,  tembaga,  kalium,  dan mengandung magnesium. Jadi betapa lengkapnya kandungan buah pisang itu dan sangat beruntungnya bayi yang dalam kandungannya ketika "Bunda" sedang mengandung anaknya dan beri asupan pisang.

Manfaat lain yaitu:

Pertama untuk perempuan / wanita kedatangan tamu bulanan maka dengan mengkonsumsi pisang akan meringankan nyeri pada saat datang bulan. Kandungan vitamin B6 yang sangat tinggi dan beberapa literatur mengatakan kandungan yang ampuh ini dapat meringankan ketika perempuan itu sedang mengalami menstruasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun