ARIAN FAZA
ARIAN FAZA

Penulis di Blog ARFAUTO MEDIA

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Sebenarnya Fungsi "Child Lock" Pada Mobil?

1 November 2017   21:13 Diperbarui: 1 November 2017   21:15 2350 0 0
Apa Sebenarnya Fungsi "Child Lock" Pada Mobil?
quora.com

Banyak para pengguna mobil yang masih tidak mengerti akan fungsi  Child Lock pintu yang biasa terdapat pada pintu tengah baik kanan maupun kiri.

Kadang-kadang secara tidak sengaja mungkin tuas ChildLock tersenggol dan bergeser pada posisi Lock, para pemilik mobil yang tidak tahu maka akan kebingungan karena pintu tengah mobil mereka tidak bisa di buka dari dalam. Dan akhirnya mereka membawa mobilnya ke bengkel karena di kira ada yang rusak pada pintunya.

Di dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan apa fungsi dari sistem tersebut dan cara pengoperasianya.

Fungsi Child Lock sendiri adalah agar penumpang yang berada di jok tengah yang biasanya anak- anak kecil tidak bisa membuka pintu dari dalam mobil. Karena di khawatirkan ketika mobil sedang berjalan anak- anak akan membuka pintu mobil yang akibatnya bisa membahayakan pengguna jalan yang berada di dekatnya ataupun si penumpang itu sendiri.

Karena sifat anak kecil yang aktif dan besar rasa ingin tahunya,maka biasa biasanya mereka akan bermain-main atau memegang benda yang masih asing baginya.

Maka dari itu para pabrikan mobil sudah jauh-jauh hari melengkapi produk mobil mereka dengan fitur  Child lock ini.Apalagi untuk mobil keluaran jaman sekarang hampir semuanya sudah di lengkapi dengan sistem ini.

Child Lock sendiri posisinya jadi satu dengan Door Lock pintu tengah.Jika di lihat di dekat door lock pintu bagian tengah maka akan ada sebuah tuas kecil yang bisa di naik turunkan.Biasanya di situ ada tulisan petunjuk Lock dan Unlock.

Jika tuas di geser ke posisi Lock maka pintu tidak bisa di buka dari handle dalam mobil,akan tetapi tetap bisa di buka dari handle luar.Dan jika tuas di geser ke posisi unlock maka pintu akan normal kembali dan bisa di buka dari dalam maupun luar.


Nah sekarang anda lihat mobil anda dan praktikan bagi yang belum tahu heheh semoga bermanfaat.