Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Indahnya Anggrek Bulan, Puspa Pesona Indonesia

19 September 2020   22:02 Diperbarui: 22 September 2020   16:01 253 51 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indahnya Anggrek Bulan, Puspa Pesona Indonesia
Di batang pohon mangga. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

"Anggrek bulan putih memang layak ditanam di halaman rumah karena mudah perawatannya dan indah dipandang untuk meredakan kejenuhan saat istirahat."

Sebagai pecinta dan pernah terjun di bisnis bunga walau kecil-kecilan lalu terpuruk dan kini sedang mengawali lagi, salah satu bunga favorit penulis adalah anggrek bulan, baik anggrek bulan putih maupun yang ungu. 

Namun yang paling banyak penulis tekuni adalah anggrek bulan putih dengan alasan mudah perawatan, jumlah tangkai dan kuntum bunga jika subur bisa cukup banyak. 

Anggrek bulan yang telah berumur satu tahun bila dirawat dengan baik satu tangkai bisa mencapai hingga dua puluh kuntum bunga. Kuntum bunga anggrek umurnya bisa bertahan hingga 4-5 bulan jika tidak terkena curahan hujan dan panas secara langsung. 

Maka dari itu sebaiknya anggrek bulan ditaruh di tempat yang cukup teduh dengan sinar mentari paling banyak 50% dan curahan hujan hanya berupa tetesan atau tampias secara tidak langsung. 

Panas yang cukup menyengat akan membuat warna putihnya menjadi suram dan berdebu serta cepat layu. Demikian juga dengan curahan hujan atau siraman air secara langsung akan menyebabkan daun bunga cepat layu dan busuk. 

Panas kurang dari 50% atau kerindangan pelindung lebih dari 50% akan menyebabkan subur daun sedang bunga tak lebih dari 10 kuntum. Bahkan bisa saja tangkainya sulit bercabang untuk membentuk bunga baru.

Di teras rumah tetapi halaman cukup sejuk. (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Di teras rumah tetapi halaman cukup sejuk. (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Di batang beringin. (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Di batang beringin. (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Tempat teduh untuk menanam anggrek bulan bisa di batang pohon peneduh seperti manga, belimbing, atau cemara, tetapi setiap hari kita harus teliti mengawasi akan serbuan belalang, ulat, dan siput. 

Untuk menghindari serbuan hama yang tidak kita harapkan, bisa dengan cara menanam di pot lalu di gantung di rindangnya pohon peneduh. Jika ingin terbebas sama sekali tentu saja yang terbaik dengan menempatkan pot anggrek bulan di bawah naungan teras depan rumah. 

Hanya saja kita harus rajin menyemprot air untuk menghindari tanaman mengalami dehidrasi. Sebab jika digantung di bawah rindangnya pohon, akar dan daun anggrek bulan bisa menangkap uap air dari bawah, asal lantai atau halaman rumah tidak diplester atau dikeramik bahkan dipaving. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN