Mohon tunggu...
Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Mohon Tunggu... Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris dengan Grammarly

22 Februari 2017   08:41 Diperbarui: 26 November 2018   20:04 8310 14 10 Mohon Tunggu...
Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris dengan Grammarly
Grammarly.com

Menulis dalam Bahasa Inggris memang susah-susah gampang. Perbedaan gramatikal antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang tidak mengenal Tenses membuat orang Indonesia kadang tidak konsisten dalam menyampaikan ide lewat tulisan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua, terutama yang sedang mempelajari Bahasa Inggris.

Gaya bahasa dalam tulisan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tentu berbeda, bergantung juga pada penulisnya. Orang Indonesia cenderung mengawali tulisan dengan intermezzo, keliling kesana kemari sebelum akhirnya menuju ke topik pembicaraan. Sementara tulisan dalam Bahasa Inggris lebih to the point ke pokok bahasan. Apalagi dalam karya ilmiah atau Academic Writing, tentu penulisan yang terfokus pada suatu topik menjadi hal yang utama dan bikin mahasiswa garuk-garuk kepala mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Perlu diketahui, Bahasa Indonesia cenderung berpola pasif, sementara Bahasa Inggris lebih “aktif”. Tentu kita harus lebih menggunakan kalimat aktif dalam menulis Bahasa Inggris. Pentingnya kohesi dan koherensi untuk menyambung kalimat satu dengan yang lainnya juga kadang terlewatkan.

Grammarly.com
Grammarly.com
Ada yang sudah coba gunakan Grammarly? Aplikasi proofreading berbasis web ini bisa membantu kita sebagai penutur asing ketika menulis Bahasa Inggris. Kita juga diberikan pilihan American English atau British English dalam penulisan karena secara spelling memang agak berbeda. Cukup dengan membuat akun secara gratis, kita bisa menggunakan Grammarly secara langsung di Komputer/laptop. Cara menggunakannya pun mudah. Kita bisa langsung mengetik dalam laman Grammarly.com atau bisa juga mengunggah file tulisan kita dari Microsoft Word atau Notepad.

Pilihan spelling di Grammarly.com
Pilihan spelling di Grammarly.com
Contoh penggunaan Grammarly.com
Contoh penggunaan Grammarly.com
Grammarly sangat praktis dan sangat bermanfaat untuk kita semua ketika (belajar) menulis dalam Bahasa Inggris. Diantaranya:

Mengurangi Error dalam Tenses, bentuk kata dan kalimat, typo, dll

Biasanya kita sering melupakan penggunaan Tenses ketika menulis dalam Bahasa Inggris. Grammarly akan  melacak dan mengoreksi kesalahan Tenses yang kita ketik, penggunaan article (aatau the), penggunaan kalimat aktif dan pasif, serta kesalahan pengetikan atau typo.

Menemukan sinonim kata yang cocok dalam konteks tulisan

Grammarly juga bisa menambah pebendaharaan kata Bahasa Inggris kita dengan memberikan pilihan sinonim kata. Memberikan contoh penggunaan kata yang benar serta contoh penggunaannya.

Integrasi dengan Word Processor dan Email

Aplikasi ini juga bisa langsung connect dengan Microsoft Word dan Gmail. Jadi sambil mengerjakan paper atau menulis email, tulisan kita bisa sambil dikoreksi oleh Grammarly.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x