Mohon tunggu...
Ardia manurung
Ardia manurung Mohon Tunggu... Pelajar

Per banyak ilmu Per kecil gaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori-teori Belajar

16 Oktober 2025   20:12 Diperbarui: 16 Oktober 2025   20:12 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Teori Behavioristik 

Teori ini adalah pandangan belajar yang menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan perilaku yang dapat diukur dan diamati, yang terjadi sebagai hasil dari hubungan antara rangsangan (stimulus) dan tanggapan (respons). Seseorang dianggap telah belajar ketika terjadi manifestasi perubahan perilaku yang jelas.

Prinsip Pengkondisian Operan (B.F. Skinner). Menurut tokoh behavioristik B.F. Skinner dengan teori Pengkondisian Operan (Operant Conditioning), perilaku manusia dapat dibentuk dan diperkuat melalui beberapa mekanisme:

- Penguatan Positif (Positive Reinforcement): Pemberian imbalan atau hadiah untuk mendorong pengulangan perilaku yang diinginkan.

- Penguatan Negatif (Negative Reinforcement): Penghilangan hal yang tidak menyenangkan untuk mempertahankan perilaku baik. 

-Hukuman (Punishment): Pemberian sanksi untuk mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki. Relevansi Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) sangat sesuai dengan Behavioristik karena:

  • Guru berfungsi sebagai penyedia stimulus dan arahan yang eksplisit.
  • Siswa memberikan respons yang konsisten dengan bimbingan guru.
  • Penguatan (seperti nilai, pujian, atau hadiah) diterapkan untuk memastikan pengulangan respons positif.

2. Teori konstruktivistik 

Teori ini berfokus pada pandangan bahwa peserta didik secara aktif membangun pemahaman mereka sendiri. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan, menafsirkan informasi, dan menghubungkannya dengan pengetahuan atau pengalaman yang sudah dimiliki. 

Ciri-Ciri Utama Pembelajaran Konstruktivistik:

  • Berpusat pada ide siswa 
  • Mendorong Interaksi dan Diskusi
  • Proses dan Hasil Seimbang
  • Belajar dari Dunia Nyata

Prinsip Belajar Menurut Jean Piaget:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun