Mohon tunggu...
Arako
Arako Mohon Tunggu... Freelancer

Pecinta Jejepangan • Pekerja Teks Komersial • ADHD Person • Tukang Review • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

[Review] Weathering With You, Pesona Gadis Pawang Hujan dalam Romantisme Remaja Negeri Matahari Terbit

28 Agustus 2019   06:25 Diperbarui: 28 Agustus 2019   07:45 0 20 8 Mohon Tunggu...

"Dibandingkan Laut, Langit Menyimpan Lebih Banyak Misteri ..." - Weathering With You.

Bicara soal pawang hujan, ingatan saya melayang pada masa nyaris satu dekade lalu, saat masih semangat-semangatnya mendaki gunung lewati lembah berburu berita.

 Dalam satu tugas liputan di salah satu Kabupaten di Bengkulu, saya pernah ngobrol dengan seorang sesepuh yang dikenal oleh warga setempat punya kemampuan mistis, yakni mampu menghentikan hujan. 

Beliau, Si Mbah yang sayangnya saya lupa namanya ini sering dimintai tolong oleh berbagai lapisan masyarakat untuk hal-hal yang berhubungan dengan cuaca, khususnya yang bertepatan dengan momen hajatan atau acara penting. 

Meski begitu, Si Mbah berulang kali meyakinkan saya, bahwa dirinya sama sekali tidak berkuasa membuat atau menghentikan hujan. Yang dilakukannya hanya berdoa pada Tuhan, memohon agar hujan bisa ditunda sejenak turunnya, atau dipindahkan lokasinya. 

"Ingat ini baik-baik, Nduk. Tidak ada satu manusia pun yang berkuasa membatalkan hujan. Mbah cuma bantu berdoa ke Gusti Allah, meminta agar hujannya bisa ditunda sebentar atau kalau tidak bisa, ya digeser sedikit turunnya jadi tidak mengganggu jalannya hajatan. Dikabulkan atau tidaknya, itu benar-benar haknya Gusti Allah," ucapnya lebih kurang saat itu.

***

Saya mendadak ingat sosok Si Mbah tersebut karena sebuah film yang baru ditonton Senin (26/8) kemarin. Judul aslinya Tenki no Ko, yang terjemahan harafiahnya berarti Anak (Sang) Cuaca. Entah kenapa judul internasionalnya jadi Weathering With You (selanjutnya saya singkat WWU). Nah, film ini secara garis besar juga berkisah tentang sosok pawang hujan, tentunya dengan versi kearifan lokal ala negeri Matahari Terbit. 

Beda dengan di Indonesia yang sosok pawang hujannya kebanyakan sudah sepuh, di film animasi ini pawang hujannya berupa gadis belia bernama Amano Hina (pengisi suara : Nana Mori). Setelah ibunya meninggal, dia cuma hidup bersama seorang adik lelakinya dan harus bekerja keras agar bisa bertahan di kerasnya kehidupan Tokyo.

Meski mengetahui bakat uniknya yang bisa menghentikan hujan dan membuat langit cerah hanya dengan berdoa, Hina sama sekali tak kepikiran untuk mencari keuntungan apapun. Bahkan kemampuan tersebut cenderung dia sembunyikan. 

Semua berubah ketika Hina bertemu dengan Morishima Hodaka (Kotaro Daigo), cowok SMA yang kabur ke Tokyo. Di pertemuan pertama, Hina memberi makan Hodaka yang kelaparan dengan burger di sebuah restoran cepat saji tempatnya bekerja. Pertemuan berikutnya, giliran Hodaka yang menyelamatkan Hina dari pria hidung belang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x