Mohon tunggu...
Ajeng Arainikasih
Ajeng Arainikasih Mohon Tunggu... Writer of #MuseumTravelogue Books; Podcaster of #MuseumTravelogue Talk

World traveler | Museum researcher and lecturer | Museum blogger / writer / podcaster | www.museumtravelogue.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rusia Vs Jepang (Di Museum)

26 November 2020   09:06 Diperbarui: 26 November 2020   09:11 69 6 0 Mohon Tunggu...

Zdravstvuyte!

Kisah Rusia vs Jepang di Perang Dunia II ini dimulai ketika Russo-Japanese War pecah. Ketika perang berakhir di tahun 1905, bagian selatan Sakhalin (pulau yang merupakan bagian dari teritori Rusia yang terletak di utara Hokkaido) menjadi bagian dari daerah kekaisaran Jepang (Dai Nippon).

South Sakhalin menjadi salah satu prefektur Jepang dengan nama Karafuto dari tahun 1905-1945, hingga akhirnya kembali menjadi wilayah kekuasaan Rusia (dulu Uni Soviet). 

Museum of Local Lore, Yuzhno-Shakhalinsk

Kini, satu-satunya bangunan peninggalan Jepang di Yuzhno-Shakhalinsk, ibukota Sakhalin, adalah Regional Museum di daerah tersebut (Museum of Local Lore). Bangunan museum dibangun tahun 1937 dan bergaya Japanese emperor's crown style. Dahulu bangunan ini merupakan Museum Karafuto yang didirikan oleh Jepang. 

Tahun 1946 museum dibuka kembali sebagai museum regional dibawah kekuasaan Uni Soviet. Kini museum menceritakan sejarah masa pendudukan Jepang dan perpindahan Sakhalin dari kekuasaan Rusia ke Jepang dan kemudian kembali ke Rusia lagi (dahulu Uni Soviet). Selain itu, museum juga menampilkan keadaan alam dan budaya penduduk lokal di Sakhalin dan Kuril Islands. 

Misalnya tentang tambang minyak, flora-fauna, dan benda-benda etnografi etnis lokal yang berdomisili di Pulau Sakhalin dan Kuril Islands seperti Ainu dan Nivkhi. Sayangnya, menurut Lonely Planet dan review di TripAdvisor, label museum hanya berbahasa Rusia. 

Berhubung saya belum pernah datang langsung ke museumnya, saya hanya bisa menduga kalau museum ini merupakan salah satu "produk" museum kolonial. Yakni  museum yang "merekam" mengenai komoditas alam dan kebudayaan suatu daerah koloni, untuk kepentingan the making of colonial knowledge yang dilakukan oleh Jepang sebagai colonizer. Mirip dengan konsep museum-museum yang didirikan pada zaman kolonial di daerah koloni negara-negara Eropa. 

Namun, sepertinya narasi yang umum ditemukan di museum-museum Rusia tentang imperialisme Jepang dan Perang Dunia II di Asia berkisar di seputaran tema Rusia vs Jepang. Russo-Japanese War (1904-1905) dan Soviet-Japanese War (1945) jadi tema yang biasanya dibahas di museum.

Pobeda Museum and Memorial Complex, Yuzhno-Sakhalinsk

Salah satu contohnya adalah di Pobeda Museum and Memorial Complex yang baru dibuka pasca 2017 di Yuzhno-Shakhalinsk. Museum ini besar dan berada di bangunan bergaya modern bertingkat 5.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x