Mohon tunggu...
Aprilia Mustikasari
Aprilia Mustikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Indraprasta PGRI

Pecinta olahraga, ilmu pengetahuan, dan musik.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mengenal Data Statistik dalam Pertandingan Sepak Bola

13 Juli 2022   23:26 Diperbarui: 14 Juli 2022   10:15 1200 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: bola.okezone.com

Pertandingan sepak bola merupakan pertandingan olahraga yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Jika pertandingan sepak bola diselenggarakan,  maka masyarakat Indonesia sudah pasti memenuhi stadion tempat diselenggarakannya pertandingan tersebut untuk dapat menyaksikannya secara langsung maupun menyaksikannya secara tidak langsung melalui layar kaca televisi. 

Pada setiap pertandingan sepak bola yang disiarkan melalui layar kaca televisi, setelah pertandingan kedua tim berakhir, maka  hasil data statistik pertandingan kedua tim akan ditampilkan. Lalu apa peranan hasil data statistik pertandingan tersebut? 

Hasil data statistik dalam pertandingan sepak bola menampilkan data-data yang berkaitan dengan pertandingan kedua tim sepak bola yang telah bertanding. Hasil data statisik dalam pertandingan sepak bola biasanya digunakan oleh tim-tim sepak bola untuk melihat bagaimana jalannya pertandingan di lapangan, menganalisis, serta mengevaluasi jalannya pertandingan.  

Data statistik pertandingan sepak bola  menyajikan data skor hasil pertandingan, penguasaan bola, total tembakan, dan lain-lainnya., hingga jumlah kartu kuning dan merah yang dikeluarkan wasit dalam pertandingan tersebut. 

Data statistik hasil pertandingan sepak bola juga dimanfaatkan oleh masyarakat atau penonton yang tidak dapat menyaksikan pertandingan tersebut untuk dapat mengetahui jalannya pertandingan melalui hasil data-data statistik pertandingan tersebut. 

Perhatikan contoh hasil data statistik pertandingan sepak bola berikut:

Sumber: Twitter.com/panditfootball
Sumber: Twitter.com/panditfootball

Pada hasil data statistik pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Filipina tersebut misalnya, dapat terlihat bahwa jalannya pertandingan dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 2 -0, dengan penguasaan bola Indonesia sebesar 70% dan Filipina 30%. Maka berdasarkan hasil data tersebut menunjukkan bahwa jalannya pertandingan di lapangan dikuasai oleh pemain-pemain Indonesia. 

Efektivitas para pemain Indonesia dalam melakukan serangan ke gawang Filipina untuk mencetak gol dapat terlihat dari data total tembakkan sebanyak 3 kali dan tembakkan tepat sasaran yang dimiliki Indonesia sebanyak 2 kali. Data tersebut menunjukkan bahwa para pemain Indonesia telah bermain efektif namun kurang bisa memanfaaatkan situasi permainan, dimana data statistik pertandingan tersebut menunjukkan bahwa penguasaan bola jauh dipegang Indonesia tetapi hanya bisa menghasilkan 3 peluang saja dengan 2 diantaranya menghasilkan gol. 

Hasil data statistik suatu pertandingan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pelatih tim sepak bola untuk memilih strategi  yang tepat yang akan digunakan  para pemainnya pada pertandingan selanjutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan