Mohon tunggu...
antung apriana
antung apriana Mohon Tunggu... Administrasi - ibu bekerja dengan 2 anak

working mom with 2 children, blogger www.ayanapunya.com

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Review Sunscreen Favorit untuk Sehari-hari

13 Oktober 2022   13:17 Diperbarui: 13 Oktober 2022   13:41 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi itu, seperti biasa saya duduk di depan cermin. Jam di dinding menunjukkan waktu pukul 6 pagi dan saya masih memiliki cukup waktu untuk berdandan. Seperti biasa saya pun mulai menjalankan ritual skincare pagi yang dimulai dari menggunakan toner, serum, pelembap dan diakhiri dengan mengaplikasikan 2 jari sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Setelah step ini selesai, barulah saya menutup ritual dandan pagi itu dengan bedak dan lipstik sebelum akhirnya berangkat bekerja. 

Bekerja di luar rumah membuat saya cukup aware dengan penggunaan sunscreen. Apalagi saya juga berangkat bekerja menggunakan kendaraan bermotor yang pastinya lebih sering terpapar sinar matarahari. Dengan menggunakan sunscreen, saya bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat mengakibatkan penuaan dini. Meski demikian, kita juga tetap harus menggunakan sunscreen lho walau berada di dalam ruangan karena sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan entah itu lewat jendela ataupun kaca/

Saat ini penggunaan sunscreen sebagai salah satu dasar dari perawatan kulit memang sudah cukup dikenal oleh masyarakat, terutama mereka yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan ada yang menyebutkan kalau serum dan pelembap yang digunakan tidak akan berfungsi maksimal kalau tidak dikunci dengan menggunakan suncsreen setelahnya. 

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, saat kini kita bisa dengan mudah mendapatkan produk sunscreen ini terutama dari brand lokal. Bahkan bisa dibilang saat ini berbagai brand lokal berlomba-lomba untuk menghadirkan produk sunscreen yang berkualitas dan ramah di kantong. Sebagai seorang pengguna setia sunscreen, tentunya saya sangat senang dengan perkembangan ini karena ini menunjukkan kepedulian

Kriteria sunscreen favorit

Jika dilihat dari jenisnya, sunscreen terbagi menjadi 3 jenis yakni physical sunscreen, chemical sunscreen dan juga hybrid sunscreen. Physical sunscreen adalah jenis sunscreen yang menggunakan bahan mineral berupa titanium dioxide dan zinc oxide dan bekerja dengan cara melapisi kulit kita. Adapun chemical sunscreen adalah jenis sunscreen dengan kandungan kimiawi seperti octocrylne atau avobenzone dan bekerja dengan cara menyerap sinar matahari yang masuk ke kulit dan melepaskannya kembali, Sedangkan hybrid suncreen adalah sunscreen yang memiliki kandungan physical maupun chemical di dalamnya. 

Agar melindungi kulit melindungi kulit dengan maksimal, kita disarankan untuk menggunakannya sebanyak 2 jadi dan diaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali. Dengan banyaknya produk yang harus dioleskan ke wajah ini, wajar saja jika untuk pemilihan sunscreen saya memiliki kriteria tersendiri yakni: 

  • Tidak menimbulkan whitecast

Salah satu hal yang kadang kurang disukai dari penggunaan sunscreen adalah adanya whitecast atau tampilan sangat putih pada wajah setelah menggunakan sunscreen. Whitecast merupakan salah satu efek yang biasanya terjadi jika kita menggunakan physical sunscreen karena memang kandungannya berupa mineral.

  • Tidak membuat wajah menjadi abu-abu

Selain whitecast, efek lain yang bisa muncul dari penggunaan sunscreen adalah wajah yang menjadi abu-abu setelah pemakaiannya. Tentunya ini bukan hal yang menyenangkan karena akan membuat wajah terlihat kusam. 

  • Tidak menghasilkan piling

Piling merupakan istilah untuk terbentuknya semacam gumpalan dari sunscreen setelah digunakan. Piling bisa terjadi karena sebelum menggunakan sunscreen kita tidak menunggu produk sebelumnya menyerap terlebih dahulu atau memang jenis sunscreennya yang mudah piling. Tentunya kondisi ini juga tidak menyenangkan karena membuat tampilan make up tidak maksimal

Daftar sunscreen favorit

Jika bicara soal sunscreen, saya termasuk tipe yang suka mencoba berbagai jenis sunscreen yang hadir di pasaran. Saya cukup beruntung memiliki wajah yang tidak rewel sehingga bisa mencoba berbagai sunscreen ini baik dari merk lokal maupun dari luar. Nah, diantara berbagai jenis sunscreen yang sudah pernah saya coba, berikut adalah favorit saya:

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++

Sebelum brand lokal berlomba-lomba merilis produk sunscreen, produk Skin Aqua SPF 50 ini menjadi produk andalan saya untuk ke luar rumah. Alasannya karena produk ini adalah satu-satunya sunscreen yang memiliki SPF 50 dan harganya terjangkau di kantong saya. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++ ini memiliki testur yang cair dan tidak memberikan whitecast ataupun piling di wajah.

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun