Mohon tunggu...
Annisa Sofiatun Naza
Annisa Sofiatun Naza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student of English Literature

Content Writer and Copywriter

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mari Mengenal Lebih Dalam tentang Copywriter

15 November 2022   07:30 Diperbarui: 15 November 2022   16:50 868
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. karya media digital (dokpri)

Dalam dunia kerja, kita sering mendengar kata "copywriter" dalam sebuah posisi di sebuah perusahaan atau start-up. Lalu, apa itu copywriter itu sendiri? Copywriter sendiri berasal dari 2 kata, yaitu copy (naskah iklan atau promosi) dan writer (seorang penulis yang menulis tulisan). Jadi, dapat disimpulkan secara singkat bahwa copywriter adalah pekerjaan yang berperan untuk menulis teks iklan dan promosi yang bersifat persuasif (ajakan) bagi sebuah brand atau perusahaan. Kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai copywriter, seperti karya copywriter, daily work, tantangan, dan cara membangun portofolio bagi calon copywriter. 

  • Karya copywriter

Sebuah karya copywriter secara garis besar dibagi menjadi 2, yaitu karya media digital dan konvensional. Karya media digital adalah karya copywriter yang disebarkan atau dipromosikan melalui perangkat digital, seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain-lain. Sedangkan, media konvensional itu memiliki pengertian sebaliknya. Contoh karya copywriter media konvensional adalah papan iklan, majalah, koran, dan lain-lain. 

Gambar 2. karya media konvensional (dokpri)
Gambar 2. karya media konvensional (dokpri)
  • Daily work seorang copywriter

Pekerjaan sehari-hari seorang copywriter tidak hanya tulis-menulis lho! Tapi, copywriter juga memiliki pekerjaan lain selain tulis-menulis. yaitu:

1. Mengurus konten 

Mengurus konten merupakan tugas utama dari copywriter. Mereka harus menulis iklan dan promosi sesuai tone of voice perusahaan. Selain itu, mereka juga diharuskan mengubah brief menjadi tulisan yang persuasif dan menarik bagi audiens.

2. Banyak berkolaborasi

Pekerjaan copywriter biasanya melakukan diskusi bersama divisi lain, seperti desain grafis. Hal tersebut berkaitan dengan kesesuaian pesan yang ingin disampaikan dari sebuah perusahaan dengan media dan target audiens yang dituju. 

3. Berinisiatif

Copywriter diharuskan memiliki ide yang kreatif dan inovatif. Mereka harus aktif mengusulkan konsep copy yang menarik bagi audiens. Selain itu, mereka harus bekerja sama dengan tim untuk membuat kampanye kreatif.

4. Berani untuk dikritik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun