Mohon tunggu...
Annita Nurul Rahman
Annita Nurul Rahman Mohon Tunggu... it will past! chill~

Mahasiswi Semester Akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Pentingnya Mengetahui Pengaruh Media Sosial terhadap Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri Remaja

20 Juni 2021   14:42 Diperbarui: 21 Juni 2021   01:53 587 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mengetahui Pengaruh Media Sosial terhadap Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri Remaja
ilustrasi pribadi

Masa remaja dapat dikatakan sebagai masa rentan seseorang dalam menguasai fungsi-fungsi dirinya baik secara fisik maupun psikis. 

Pada masa ini, individu berada dalam masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Mereka tengah belajar memikul tanggung jawabnya sendiri. Mereka juga tengah mencari tempat yang tepat bagi dirinya di lingkungan masyarakat.

Remaja yang dimaksud disini, berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), merupakan orang yang berada pada rentan usia 10-24 tahun. 

Remaja dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori yaitu Pra Remaja yaitu usia 11- 14 tahun, Remaja Awal yaitu usia 14-17 tahun, dan Remaja Lanjut yaitu usia 17-21 tahun. 

Ketika seseorang sedang memasuki fase Remaja Awal hingga Remaja Lanjut, perubahan fisik maupun mental akan terjadi sangat pesat dan mencapai puncaknya.

Kepribadian sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Masa remaja adalah saat dimana individu mulai bertindak berdasarkan keputusannya sendiri. 

Namun, tak hanya itu, lingkungan juga dapat menjadi faktor dari penentuan tindakan individu. Lingkungan akan mempengaruhi kepribadian dan perilaku individu. 

Pada usia remaja, individu mulai mempedulikan perkataan orang-orang di sekitar terhadap dirinya, yang baik maupun buruk. Sebab itu, banyak individu remaja yang mulai mengalamai perasaan insecure atau tidak percaya diri akan dirinya sendiri. 

Lingkungan yang dimaksud di sini dapat berupa lingkungan tempat tinggal atau segala tempat individu bersosialisasi. Tempat individu berinteraksi dengan orang tua, keluarga, teman, hingga lingkungan sosial media.

Terlebih, di era kemajuan teknologi ini, tempat individu bersosialiasasi sangat luas, seperti melalui internet atau sosial media. Remaja merupakan kelompok komunitas masyarakat terbesar pengguna sosial media reguler di Indonesia. 

Remaja aktif di sosial media adalah untuk mencari perhatian, meminta pendapat, menumbuhkan citra hingga mencari eksistensi diri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x