Mohon tunggu...
Andre Kevin
Andre Kevin Mohon Tunggu... Engineer -

belajar sambil menulis sambil belajar

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Estimasi Waktu Lari

13 November 2017   16:27 Diperbarui: 13 November 2017   16:38 3047
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: dok.pribadi

Half marathon (HM) desember nanti, adalah HM pertama dalam hidup saya. Tentu tujuan utamanya adalah finish dan masih bisa berdiri dan berjalan setelah itu. Tapi, kadang kita penasaran juga kira-kira brapa lama waktu yang saya butuhkan untuk finish. Nah, link ini JUSTRUNLAH memberikan kalian estimasi waktu berdasarkan jarak yang pernah kalian raih sebelumnya.

Dan tentu saja berlari 10km dalam waktu 1 jam bukan berarti bisa berlari 20km dalam waktu 2 jam. Faktor stamina sangat penting disini. Dan pada link di atas, rumus yang digunakan adalah penurunan 6% dari kecepatan untuk jarak 2 kali lipat. Atau rumus matematikanya, T2 = T1 * ((D2/D1)^1.06). Formula ini dibuat oleh Pete Riegel, dan digunakan secara internasional sejak 1997.

Lari terjauh yang pernah saya capai adalah 1 jam 53 menit untuk jarak 16km atau 10miles. Dan hasilnya, saya di prediksi mencapai finish dalam 2 jam 32 menit untuk HM. Menarik. Jika saya gunakan waktu rata-rata per miles saya, 11 menit 7 detik per miles, ternyata prediksinya adalah 2 jam 50 menit 16 detik untuk HM.

Ok! Sekarang sudah bisa siap mental karena tahu akan berlari lebih dari 2 setengah jam dan mudah-mudahan kurang dari 4 jam. Sip, ayok kembali latihan!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun