Mohon tunggu...
Anisa Laila salsabila
Anisa Laila salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Novel writer

Hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Dear Parents, Mari Maksimalkan Internet untuk Mendukung Tumbuh kembang Anak

30 Juni 2022   17:15 Diperbarui: 30 Juni 2022   17:19 58 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto instagram zaskiadyamecca

Internet tentunya sudah tidak asing bagi kita semua, internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan antara berbagai media elektronik yang tersedia. Tentu saja Internet di era digital seperti saat ini sangat banyak manfaatnya, mulai bidang pendidikan, lifestyle, ekonomi , esport, parenting dan masih banyak lainnya.

Seiring berjalannya  waktu jaringan internet terus berkembang, yang mulainya hanya jaringan 2g bahkan kini mencapai 5g yang tersedia di Indonesia. Tapi selain itu tentunya banyak kendala yang mengganggu jaringan internet tersebut, mulai dari kendala geografis, daya beli, kecepatan internet , cakupan internet dan regulasi. Namun kita tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sejak tahun 2015  Telkom Indonesia telah mengembangkan layanan yang mencakup telepon rumah, internet nirkabel atau wifi dan program Tv yang bernamakan Indihome. Yang pastinya para orang tua sangat terbantu dengan adanya Indihome, Internetnya Indonesia.

Dengan Internetnya dari IndiHome pastinya orang tua dapat mengakses banyak hal positif tentang  pola mengasuh anak yang baik dan benar. Mulai dari calon ibu muda yang ingin mengetahui bagaimana perkembangan janin  mulai dari usia 1 minggu kehamilan , Berapakah berat badan ideal si kecil dalam perut  sesuai usia kehamilan, bagaimana perkembangan bayi yang sehat  ataupun informasi kehamilan lainya, informasi  tersebut tentunya dapat dilihat melalui internet.

Apakah setelah kelahiran bayi, kita berhenti menggunakan internet ? Tentunya pasti tidak karena dengan lahirnya sikecil kita baru memulai perjalanan menjadi orang tua . Tentu tidak mudah menjadi orang tua baru bagi kita semua terutama kaum hawa, Setelah bayi lahir tidak sedikit seorang ibu yang mengalami baby blues, menurut dari Internet Baby blues syndrome adalah dimana persasaan sedih yang dialami wanita dimasa awal kelahiran. Dari Internet kita juga mengetahui bahwa selama 1-6 bulan anak tidak membutuhkan cairan apapun kecuali asi esklusif.  dan setelah bulan ke enam bayi juga wajib mendapatkan mpasi makanan pendamping asi yang pastinya resep mpasi tersebut juga didapatkan melalui internet. Melalui internet juga mencontoh  referensi aktivitas untuk anak usia dini.

Selain hal diatas, dengan Manfaat Internet yang  kita dapatkan sebagai orang tua  yaitu dapat mengikuti berbagai pelatihan, training ataupun Seminar mengenai tumbuh kembang anak , masalah psikis pada anak ataupun soal parenting lainnya secara online melalui Zoom, Google Meet, Duo , Microsoft teams.  Dimana kita bisa secara langsung  melakukan diskusi tanya jawab bersama pembicara ataupun narasumber  tersebut dan pastinya ilmu baru tentang mengasuh anak bisa kita dapatkan. Dan juga dari internet kita para orang tua dapat belajar , bagaimana cara agar anak tidak mudah emosi ketika keinginannya tidak terpenuhi.

Memasuki anak usia sekolah, tentunya kita orang juga harus mempersiapkan pendidikan anak dengan baik kedepannya, seperti mencari referensi dari Internet untuk mempertimbangkan  apakah anak sebaiknya sekolah  di sekolahan umum atau home schooling. Tidak hanya dari buku lks atau paket , ilmu juga bisa di dapat dari nternet  melalui website-website pendidikan dari Internetnya Indonesia.  Dan orang tua diharapkan bisa  mengarahkan bakat atau minat anak dibidang apakah itu, seperti olah raga ,bernyanyi, bermain musik atau bahkan desain grafis dan memberikan kesempatan untuk anak agar bisa mengembangkan bakat tersebut, seperti memberikan pelatihan dan mengikutkan les ataupun sebagainya.

Dear parents tentunya kita sebagai orang tua wajib memberikan Sex Education bagi anak, agar anak tidak terjerumus ke hal yang negative dan berakhir menjadi pergaulan bebas.  Sebagai orang tua kita juga harus menjamin tumbuh kembang anak dengan baik agar kelak dewasa anak menjadi pribadi yang baik dan taat aturan. Kita menjaga anak mulai dari lahir, bisa berbicara bisa berjalan dan mulai dibangku pendidikan harus selalu menjaga dan mengawasi agar dapat terhindar dari hal yang negative baik itu secara langsung maupun dari internet.

Jadi pada intinya , dari anak di perut sampai mereka  tumbuh dewasa peran internet sangat besar dan penting dalam parenting seseorang. Untuk jauh memahami tentang  anak  supaya pola pengasuhan zaman dulu  yang salah dan keras tidak terulang  lagi. Dengan IndiHome kita bisa mengakses itu semua secara mudah dan cepat, tunggu apalagi saatnya kita berlangganan Indihome dari Telkom Indonesia prodak asli buatan anak negeri. IndiHome Internetnya Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan