Mohon tunggu...
Angreni Efendi
Angreni Efendi Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Saya (ingin) mandiri

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Relasi Antara Internet dan Impianku

25 Desember 2014   02:09 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:31 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dunia makin berkembang, teknologi makin canggih, segala sesuatu serba instan, itulah waktu dimana dunia telah bergantung kepada sesuatu yang disebut “internet”. Kita semua tidak dapat mengingkari bahwa kita sangat bergantung kepada internet. Hidup tanpa “koneksi” tersebut bagaikan sayur tanpa garam, serius. Internet oh internet you are our soulmate !

Kita semua pun harus mengakui bahwa internet adalah sebuah candu yang telah menjalar kedalam kehidupan kita. Mungkin bagi orang yang sama sekali belum mengenal internet akan biasa-biasa dalam berpendapat mengenai internet tapi jangan salahkan siapapun jika kalian akan ketagihan jika telah mencicipinya dan akan menyesal mengapa tidak dari dulu mengenal “barang” tersebut.

Tak salah kan jika pada akhirnya internet menjadi pusat persaingan bisnis yang begitu menjanjikan. Ketergantunganmasyarakat terhadap internet menjadi lahan bisnis yang begitu menjanjikan. Lihat saja, adanya provider-provider yang begitu gencar dalam melancarkan serangan “paket data” Berbagai promo yang begitu menggiurkan muncul silih berganti, kuota besar dengan harga minim bahkan ada yang mengeluarkan jurus paket “unlimited”-nya sehingga membuat “mata kita jadi belo” Dan provider-provider sama sekali tidak salah, malahan saya menganggap mereka sangat cerdas dalam mengembangkan sesuatu.Kan semuanya bergantung kepada masyarakat mau pilih yang mana, bebas mana suka.

Dan ini yang ingin saya tekankan, kalian percaya kan jika segala sesuatunya pasti mempunyai dampak positif dan negatif? You must believe it. Saya, kalian, dan kita semua tahu apa dampak positif dan negatif dari internet. Tengok saja, segala sesuatu serba cepat & instant, jarak bukan lagi sebuah masalah, merasa kesepian di dunia nyata? berjelajalah di dunia maya, tidak punya penghasilan? dengan internet uang bisa muncul, percayalah. Menambah pengetahuan? mencari info terkini, tidak usah susah-susah dengan adanya internet semuanya menjadi “mudah dan terjangkau”
Segudang dampak positif terkandung di dalam internet namun itu semua tergantung kepada kita sebagai “pemakai” apakah kita dapat menjadi “pemakai yang bijaksana” atau “pemakai yang asal-asalan”

Dampak negatifnya? Yakinlah dampak negatif tidak akan muncul jika kita bisa ”bijaksana” dalam memanfaatkan internet. Kejahatan dunia maya, hacking, pembunuhan atau pemerkosaan akibat pemanfaatan yang salah dari jejaring sosial, perampokan, dan lain sebagainya? Percayalah itu adalah perbuatan dari oknum-oknum yang tidak menghargai kecanggihan teknologi yang seakan-akan berbuat tanpa berpikir, dan hasilnya? Mereka akan menyesal.

Tidak usah berbicara panjang lebar mengenai dampak negatif internet, karena disini saya adalah pengguna yang menggunakan internet dengan bijaksana, oleh sebab itu banyak mimpi-mimpi yang ingin saya wujudkan, dan saya pikir internet akan sangat membantu saya. Dan mata saya makin melotot, ketika beberapa hari lalu saya sedang membaca-baca tulisan di kompasiana, dan menemukan sebuah tulisan tentang blog competition dengan tema “share your dream” hasil kerjasama Kompasiana dan salah satu provider unggulan, yaitu Indosat, disini kita diajak bagaimana mewujudkan mimpi kita jika diberikan paket internet unlimited setahun penuh.

Seketika dalam benak saya muncul, inilah yang diidam-idamkan para pengguna aktif internet. Dan semoga unlimited yang dimaksud bukan unlimited yang menggunakan sistem FUP. Dan kemudian saya berpikir sejenak, jika saya mendapatkan paket internet impian tersebut, maka ada beberapa mimpi yang ingin saya buat menjadi kenyataan, antara lain :

Pertama, dimulai dari ruang lingkup terdekat kita yaitu keluarga, mimpi saya sederhana, saya ingin membuka toko online yang khusus menjual barang-barang unik dan tradisional dari daerah saya sendiri, Tana Toraja. Tak bisa dipungkiri, toko-toko online sudah banyak bertebaran, tapi itulah keunikan yang ingin saya hadirkan, saya ingin menghadirkan suasana yang berbeda, toko online yang penuh ketradisional, barang-barang khas dari daerah wisata nomor dua di Indonesia, yaitu Tana Toraja. Dan bagi orang-orang yang belum beruntung untuk berkunjung ke Tana Toraja, kalian dapat mencicipi oleh-oleh khas daerah kami di toko online tersebut, mulai dari hiasan rumah, lukisan dinding, gantungan kunci, kain tenun asli Toraja, miniatur-miniatur khas daerah saya, gelang, kalung, dan pokoknya segala sesuatu yang khas dan spesial dari daerah saya, Tana Toraja.

Dan itulah mimpi saya, saya ingin bisnis Paman yang sudah lama bergerak itu, dapat dikenal lebih jauh lagi, bukan hanya wisatawan yang langsung berkunjung ke daerah kami yang dapat membelinya tapi juga orang-orang yang mungkin belum pernah berkunjung ke daerah kami, atau para penggila fashion unik, please join with us.

Kedua, saya ingin mewujudkan mimpi saya yaitu agar pariwisata kota saya, Tana Toraja dan seluruh kota di Indonesia dapat tersebar luas ke dunia luar. Saya ingin membantu para wisatawan asing maupun lokal agar lebih mengenal bagaimana Indonesia yang sesungguhanya. Membantu mereka agar lebih paham mengenai Indonesia. Bayangkan saja, beberapa bulan terakhir saya sering chattingan dengan orang luar (baca : bule) dan iseng menanyakan tentang Indonesia. Dan coba tebak, bahkan ada yang tidak tahu Indonesia itu dimana, ada yang tidak tahu jika Bali itu bagian dari Indonesia, mereka pikir Bali adalah sebuah negara. Toraja itu dimana? Maluku itu dimana? Di mana letak Raja Ampat? Apa itu Derawan? Sungguh miris menurut saya. Hampir saja saya mengata-ngatai mereka, tapi saya sadar itu bukan salah mereka. Coba sabar dan bertindak untuk pariwisata Indonesia. Dan sekarang saya sering memperkenalkan Indonesia ke dunia luar lewat situs-situs chating, saya chattingan dengan orang bule, saya memperkenalkan betapa indahnya alam kita, dan respon mereka cukup positif. Saya senang, tapi saya rasa itu belum cukup untuk memperkenalkan Indonesia kita ini.

Dan impian saya ini yaitu ingin membangun sebuah website/blog yang berisi tentang informasi mengenai seluruh daerah di Indonesia, saya ingin memperkenalkan betapa kayanya Indonesia ke dunia internasional. Misalnya, jika orang-orang ingin mengetahui tentang Pulau Sumatera, disitu akan tersedia mengenai penjelasan tentang Pulau Sumatera, provinsi-provinsi yang ada disana, cara menuju ke tempat-tempat tersebut, lokasi penginapan di tempat itu, objek-objek wisata yang ada disana, keunikan serta ragam karya di setiap tempat. Begitu pula jika para wisatawan ingin mengetahui tentang pulau-pulau yang lain. Saya ingin menyertakan live chat agar lebih membantu para wisatawan yang ingin bertanya lebih lanjut. Siapa yang akan mengurus Indonesia ini jika bukan kita sendiri?

Ketiga, berbicara tentang kegiatan sosial, sudah sangat lama saya mempunyai mimpi, yaitu lagi-lagi saya ingin membuat sebuah website/blog khusus untuk anak-anak putus sekolah dari seluruh penjuru Indonesia yang memiliki jiwa kreatif dan ingin berkembang.

Saya ingin membangun website/blogdimana saya akan memajang hasil karya anak-anak tersebut, entah itu lukisan, anyaman, atau apapun itu yang bernilai estetis.

Saya akan menyebarluaskan email-email saya di berbagai blog, situs, forum-forum, jejaring sosial, dan sejenisnya, agar anak-anak yang tidak dapat bertemu dengan saya dapat mengirim hasil karya mereka melalui email, foto beserta cara pembuatan karya tersebut, penjelasan data diri serta sepatah kata mengenai hasil karya mereka sendiri.

Dan bagi anak-anak kreatif yang mungkin dapat saya temui di jalan atau di tempat lain, saya akan langsung mengambil foto si anak bersama karyanya ataupun keterampilan lain yang dia punya dan langsung memajangnya di blog saya.

Saya akan gencar mempromosikan mereka beserta karyanya melalui blog yang saya buat, yang karyanya dilirik akan saya hubungi lebih lanjut, sehingga karya yang mereka miliki, keterampilan yang mereka miliki tidak “terkubur” sia-sia dan dapat memberikan penegasan kepada mereka, bahwa putus sekolah tidak berarti bahwa hidup mereka akan menjadi sia-sia belaka, tidak. Kita harus bisa menggali potensi yang mereka miliki, dan mereka pun harus berani dalam menunjukkan apa dan bagaimana keahlian yang mereka miliki, putus sekolah bukan sebuah halangan. Percaya itu.

Itu baru 3 mimpi yang sangat ingin saya “terbitkan” seandainya saya mendapat paket unlimited setahun penuh dari Indosat. Masih banyak mimpi-mimpi lain, tapi seperti yang saya pelajari kita tidak boleh tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Harus penuh dengan pemikiran dan perencanaan yang matang. Jangan asal-asalan, yang ada nantihasilnya tak sesuai ekspetasi awal.

Dan seperti yang kalian baca dan bayangkan, ketiga mimpi saya tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa adanya internet. Ya internet adalah aktor utama dalam mewujudkan mimpi saya tersebut. Bagaimana dengan anda? Karena yang saya yakini hidup akan menjadi lebih baik jika kita menggunakan internet dengan cara yang lebih bijaksana.

Akhir-akhir ini saya sering berpikir tentang mimpi-mimpi diatas, dengan atau tanpa paket unlimited setahun, saya akan berusaha mewujudkannya. Sekolah yang rajin, lulus, kerja, menghasilkan uang, gajian tiap bulan, dan fokus buat menjalankan ketiga mimpi diatas, saya akan berusaha. Tapi tak bisa dipungkiri, namanya juga manusia biasa, selagi ada yang gratis didepan mata, kenapa tidak berusaha untuk mendapatkannya. Saya senang yang gratis-gratis dan itu memang lebih menyenangkan, lagipula jika mendapat paket unlimited setahun tersebut, ketiga mimpi saya dapat lebih cepat terwujud. Anda pun begitu kan? Jujur saja.

This is my dream, so how about yours? Do something nice for our family, friends, environment, country, etc. If you wantITnow, let’s do it now. So share your dreams with Kompasiana and Indosat, unlimited for one years, hopefully dreams come true.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun