Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perbanyak Penghijauan untuk Kesehatan

15 Agustus 2018   11:40 Diperbarui: 15 Agustus 2018   12:51 273 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbanyak Penghijauan untuk Kesehatan
etsy.com

Tanaman yang terlihat asri dan apik ditata adalah salah satu cara untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Diletakkan di kawasan perumahan ataupun taman di sekeliling rumah sendiri, sudah bisa menjadikan pemandangan yang sangat menarik dan segar dipandang.

Belum lagi bila ada tanaman pemusnah serangga seperti kantong semar dan venus flytrap. Kedua tanaman itu bekerja seperti seolah-olah benar-benar hidup seperti hewan, jadi jikalau ada sebuah serangga yang menempel di tanaman itu, maka akan segera melahapnya dan menelannya sehingga serangga tidak dapat lolos lagi.

Dengan begitu, kawasan di sekitar rumah menjadi aman dan nyaman dari serangga yang mengganggu untuk merusak kehidupan tanaman. Selain itu bila kita tetap ingin penghijauan itu lebat dirumah, harus rajin-rajin menjaga dan merawatnya jangan sampai mati.

Usahakan setiap hari tanaman tersebut disiram minimal dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Serta bila ada yang perlu dipotong sedikit potonglah, jangan sampai tumbuh lebar dan panjang yang nantinya akan menjadi layu dan tidak segar lagi.

Bila kita mampu untuk menerapkan adanya penghijauan di rumah, itu artinya kita sudah cinta dan peduli terhadap tumbuh-tumbuhan. Yang salah satunya juga bisa dikonsumsi sebagai sayuran untuk kesehatan tubuh kita. Cobalah tanam beberapa tumbuhan yang merupakan sayur-sayuran seperti bayam, sawi hijau, kailan, buncis, pakcoy, dan masih banyak lagi tumbuhan sayuran.

Selain tumbuhan sayur, kita juga bisa memperbanyak tumbuhan buah-buahan. Pasti sangat banyak sekali bukan tumbuhan yang merupakan buah-buahan? Pilihlah yang kalian suka, dan tanamnlah bijinya. Misalkan seperti jeruk, apel, mangga, pisang, dan lain-lain.

Bila tumbuhan kalian sudah menjalar kemana-mana (disekitar perumahan) bisa dijadikan sebagai green house juga. Dengan demikian bila ingin membutuhkan sayur ataupun buah tidak perlu repot-repot untuk membeli, melainkan tinggal memetik saja. Simpel kan?

Kemudian, penghijauan itu juga bisa untuk menenangkan perasaan dan menyegarkan mata. Disaat sedang merasa jenuh ataupun lelah sekali, kita dapat merasakan aroma dari wanginya tumbuhan, apalagi ketika tumbuhan tersebut basah setelah disiram ataupun terkena air hujan.

Lalu, dari wangi itulah nafas kita rasanya bisa lega dengan mencium aroma dari penghijauan, dan tidak ada polusi asap kendaraan. Mata pun juga demikian, rasanya benar-benar menjadi melek melihat tanaman yang begitu banyaknya, apalagi jika sayur dan buahnya sudah tumbuh lebat. Segera dipetik untuk siap dimasak/dimakan.

Sehat harus dimulai dari diri kita sendiri, jika kita sangat suka sekali dengan sayuran dan buah maka pola hidup dan makan kita menjadi kuat dan sehat. Belum lagi bila diimbangi dengan olahraga rutin tiap hari.

Bukannya tidak boleh memakan yang lain seperti daging-dagingan. Boleh saja, namun harus seimbang. Sayur dan buah banyak, dagingpun juga demikian. Tidak lupa juga untuk meminum vitamin C, agar kekebalan tubuh terhindar dari penyakit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x