Midway Writer
Midway Writer

Kami adalah sekelompok penulis yang ingin mendukung para pembaca cerdas dengan memberikan artikel-artikel yang berimbang dan terpercaya. Follow akun Instagram kami di @midwaywriter :)

Selanjutnya

Tutup

Politik

10 Fakta Tentang Hanafi Rais

12 Januari 2019   12:23 Diperbarui: 12 Januari 2019   12:59 411 2 0
10 Fakta Tentang Hanafi Rais
Sumber: DCT KPU

Siapa yang tidak mengenal sosok di atas? Namanya mulai dikenal saat ia mencalonkan diri sebagai calon walikota kota Yogyakarta. Ya, dialah Hanafi Rais. Putra sulung dari mantan ketua MPR RI Periode 1999-2004, bapak Amin Rais yang kini menjadi wakil ketua komisi 1 DPR RI. Pada Pemilu 2019 ini, Hanafi Rais yang juga merupakan wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), sering muncul di media dengan pernyatannya yang mendukung sang bapak yang kerap memberikan kritik pedas ke pemerintahan Jokowi. Siapa sebenarnya Hanafi Rais? Berikut Profil Hanafi Rais yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber:

1. Bernama lengkap H. Ahmad Hanafi Rais Wiryosudarmo, SIP, MPP.

2. Hanafi Rais kini berusia 39 tahun. Ia lahir di Chicago, Amerika Serikat pada 10 September 1979.

3. Hanafi Rais merupakan anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan bapak Amien Rais dan ibu Kusnasriyati Sri Rahayu.

Baca Juga: 10 Fakta Mengenai Tommy Soeharto Dan Partai Berkarya

4. Hanafi Rais pernah menempuh pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebelum kemudian melanjutkan pendidikannya di Jurusan Hubungan Internasional Fisip UGM. Setelahnya, ia meraih gelar Master atau S2 Jurusan Kebijakan Publik di National University of Singapore (NUS), Singapura.

5. Sama seperti sang ayah, Hanafi Rais pernah menekuni bidang akademik dengan tercatat pernah menjadi dosen di Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Lembaga Ketahanan Nasional, bahkan Akademi Militer.

6. Hanafi Rais kini sudah menikah dan dikaruniai 2 orang anak.

7. Ia Pernah mencalonkan diri sebagai calon wali kota Yogyakarta menggandeng Tri Harjun Ismaji sebagai calon wakil kota namun gagal.

Baca Juga: Linda Afriani, S.E., Dipinang 5 Partai Politik, Mana Yang Dipilih? 

8. Ia kemudian mengikuti Pemilu Legislatif di tahun 2014 dan lolos dengan berhasil memperoleh suara terbanyak se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Kini Hanafi Rais menjadi wakil ketua umum Partai Amanat Nasional.

10. Setelah lolos di Pemilu Legislatif tahun 2014, Hanafi Rais saat ini menjabat sebagai wakil ketua komisi 1 DPR RI.

Hanafi Rais sering disejajarkan dengan Ibas Yudhoyono, karena kiprah mereka berdua di dunia politik sama-sama kerap dianggap berada di bawah bayang-bayang sang bapak. Nama Hanafi Rais kembali naik setelah ia menjadi kandidat untuk menjadi wakil ketua DPR RI menggantikan Taufik Kurniawan. Belum ditemukan visi dan misi serta program kerja yang ingin diusung oleh Hanafi Rais.

Semoga informasi kali ini bias menambah wawasan pembaca yang budiman.

Lanjut Baca: Sejarah Pemilu Indonesia