Midway Writer
Midway Writer

Kami adalah sekelompok penulis yang ingin mendukung para pembaca cerdas dengan memberikan artikel-artikel yang berimbang dan terpercaya. Follow akun Instagram kami di @midwaywriter :)

Selanjutnya

Tutup

Finansial

3 Tips Mengelola Uang Bulanan

7 Januari 2019   14:45 Diperbarui: 7 Januari 2019   15:03 315 0 0
3 Tips Mengelola Uang Bulanan
info grafis mengelola uang bulanan (dokpri)

Tahun 2019, saatnya kamu mengelola keuanganmu dengan lebih bijak. Apalagi ketika kamu memiliki berbagai mimpi yang sudah mengendap di buku resolusimu selama beberapa tahun ini. Linda Afriani, S.E. memberikan 3 tips mengelola uang bulananmu:

1. Buat Anggaran Bulanan

Sebelum menggunakan uang gajimu, sebaiknya kamu membuat list anggaran bulanan. Kira-kira dalam sebulan, apa saja yang harus kamu beli dan ingin kamu beli. Tentu saja, kamu harus membuat skala prioritas dari kebutuhan-kebutuhanmu ini. Kemudian buatlah kisaran dana yang akan kamu habiskan untuk masing-masing kebutuhan.

2. Buat Anggaran Tabungan

Jika kamu ingin memiliki tabungan, jangan kamu sisihkan uangmu dari sisa-sisa akhir bulan. Namun, segera sisihkan uangmu untuk tabungan. Hal ini akan lebih efektif dan membuat kamu memiliki nilai tabungan yang lebih besar ketimbang kamu menabung dari uang sisa akhir bulan.

Baca Juga: Linda Afriani, S.E. Tolak Diskriminasi Di Dunia Bisnis

3. Buat Laporan Keuangan 

Akan lebih baik ketika kamu bisa melihat jejak pengeluaranmu setiap periode. Kamu bisa mencatat segala pengeluaranmu selama satu hari. Kemudian melihat apakah pengeluaranmu masih terkontrol atau tidak. 

Setelah kamu membuat laporan keuangan setiap hari, kamu bisa melakukan evaluasi setiap minggu atau setiap bulan. Lihat apakah anggaran bulanan yang kamu buat sudah sesuai atau tidak. Dan kamu bisa mengevaluasi akan hal-hal yang tidak perlu kamu beli.

Lanjut Baca: Siapakah Capres-Cawapres Indonesia Nomor 10?