Mohon tunggu...
Media

Jurnalisme Online: Pemanfaatan Media Online dan Internet

19 Mei 2017   09:42 Diperbarui: 19 Mei 2017   10:12 1214 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Online: Pemanfaatan Media Online dan Internet
Sumber: mediacitramandiri.co.id

            

Media elektronik tidak lagi hanya sekedar media (alat). Media elektronik seperti radio, televisi, dan sebagainya telah berkembang pesat dengan adanya arus globalisasi dan internet. Website contohnya, website di era sekarang tidak hanya memuat berita atau surat kabar secara online. Website dapat memiliki beberapa fungsi dengan kategorisasi yang berbeda. Contoh kedua yaitu video, video di era sekarang tidak hanya dapat kita lihat pada televisi saja. Video dapat kita temukan dimana saja termasuk di website. Ketiga yaitu Audio, suara atau audio tidak hanya identik dengan radio namun juga dapat disatukan dengan tulisan dan gambar pada web sehingga mudah dimengerti dan dijangkau para pendengarnya. Bahkan dengan adanya jurnalisme online beberapa media pemberitaan dunia terlihat semakin cepat menyebarkan informasi. Tidak ada batasan jarak dan waktu lagi. Setiap orang dengan mudahnya dapat mengakses portal berita manapun dan di negara manapun. Hal ini menandakan bahwa pada era sekarang setiap orang bebas memilih berita dan informasi mana yang mereka percayai dari berbagai portal berita.

Fenomena tersebut tak lepas dari adanya interet yang masuk di negara – negara baik berkembang maupun maju. Setidaknya di Asia tercatat pengguna internet terbayak terdapat di negara China. Sedangkan apabila dilihat negara Indonesia masih sedikit pengguna internetnya. Mneurut Kementerian komunikasi dan informasi mencatat pada tahun 2017 Indonesia merupakan negara nomor enam pengguna internet dengan jumlah mencapai 112 juta orang pengguna. (Kominfo.go.id, 2017) Ini sangat berbanding terbalik dengan China yang tentu lebih banyak pengguna internetnya. Dengan kata lain, masih terdapat kesenjangan penggunaan internet di Indonesia. Banyak masyarakat yang belum memahami dan memanfaatkan internet.

Di belahan benua lainnya misalnya di negara Amerika. Internet telah digunakan secara maksimal. Beberapa contoh diantaranya internet diintegrasikan bersama dengan media lainnya untuk kepentingan sosial seperti melihat titik – titik rawan pembunuhan di daerah Los Angeles. Memberikan informasi detail korban pembunuhan sehingga masyarakat atau keluarga yang berkepentingan dapat dengan mudah mengakses informasi. Selain itu, digunakan juga untuk kepentingan memberi informasi seputar demografi di suatu wilayah sehingga masyarakat dapat memahami kepadatan penduduk di wilayah tersebut. Di Amerika sendiri pada masa kepemimpinan Obama, internet digunakan untuk melihat permasalahan publik yang sedang berkembang. Pemerintah mengeluarkan satu situs yaitu http://www.nytimes.com/ yang dapat diakses masyarakat dan masyarakat dapat memilih isu krusial mana yang harus segera ditangani oleh pemerintah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x