Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Video Youtube Berkualitas Ala Merry Riana

25 Februari 2019   13:48 Diperbarui: 1 Maret 2019   00:21 285 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Video Youtube Berkualitas Ala Merry Riana
sumber: asokans.com

"Vloggermenjadi satu kata yang sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi vlogger sudah menjadi tren yang menjamur dikalangan pengguna youtube. Vlogger sendiri menurut Urban Dictionaries yakni seseorang yang membuat video blog, dalam ini dokumentasi yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan.

Di Indonesia, vlog mulai muncul sejak tahun 2015 disertai dengan banyaknya video-video di youtube yang sangat bervariasi. Video-video tersebut dikemas secara menarik oleh para vlogger demi mendapatkan banyak pengikut atau yang lebih dikenal dengan istilah subscribers.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas dalam sebuah video, para vlogger mempunyai beberapa elemen terkait video yang mereka buat, antara lain:

  1. Video tidak bertele-tele dan langsung to the point. Diusahakan dalam waktu kurang dari 3 menit.
  2. Pada video detik pertama atau diawal dijelaskan secara cepat dan jelas.
  3. Video memiliki tujuan dan target penonton yang jelas.
  4. Terdapat informasi pembuat konten video.
  5. Terdapat kata-kata ajakan kepada penonton.
  6. Konten video dikemas dengan keunikan tersendiri, sehingga memiliki ciri khas daripada konten video lainnya.
  7. Video menawarkan informasi yang berguna, informatif, menghibur, menarik, mendidik dan relevan dengan apa yang penonton cari, inginkan, dan butuhkan.
  8. Memiliki kualitas produksi yang terlihat profesional dan menawarkan kualitas suara yang baik.
  9. Video menggunakan beberapa jenis musik latar, serta bahasa yang benar.
  10. Video menawarkan informasi yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, memiliki keseimbangan terhadap editing dalam konten video. Misalnya, bidikan animasi atau transisi adegan tidak digunakan secara berlebihan, dan musik latar diatur pada tingkat yang tepat dan sesuai dengan konten.
  11. Tampilan dan pesan di dalam video konsisten.
  12. Judul video sesuai, deskriptif dan langsung ke intinya.

Selain ke-12 elemen dalam pembuatan video para vlogger, terdapat enam kualitas yang harus dimiliki oleh para pengguna youtube. Bahkan, telah dibuat tips oleh youtube sendiri supaya suatu konten channel para vlogger populer dan sukses, yaitu:

  1. Konsisten dalam mengunggah video di Youtube: Biasakan untuk mengunggah video baru secara teratur. Jika tidak dapat melakukannya setiap hari maka mulailah dengan setidaknya satu per minggu.
  2. Memiliki Angle: Temukan angle dan buatlah secara mudah untuk dijelaskan.
  3. Kualitas Konten: Gunakan kamera yang berkualitas.
  4. Masukkan produk kedalam video: Jadikkan produk sebagai bagian integral dari konten video.
  5. Konten Internasional: Konten Anda tidak harus dalam bahasa Inggris. Namun, lebih kepada penonton lokal.
  6. Menghadirkan Hiburan: Apapun isi konten harus dapat disampaikan pesannya melalui beberapa hiburan. Misalnya, jika Anda ingin mengajari orang cara berkebun, ajarkan melalui hiburan karena pada dasarnya, pesan apa pun yang ingin Anda sampaikan, membuatnya menghibur untuk ditonton.

Beberapa kriteria, kualitas serta tips dalam pembuatan video ini sudah banyak digunakan oleh para vlogger atau content creator, salah satunya Merry Riana. Seorang motivator wanita ini memulai menggungah konten video di youtube sejak tahun 2010. 

sumber: brilio.net
sumber: brilio.net
Memulai dengan jumlah subscribers dari awal hingga saat ini tahun 2019 memiliki 1,135,464 subscribers konten video dalam channel Merry Riana memiliki viewers mencapai 100.000 dalam setiap videonya. 

Video youtube Merry Riana memiliki topik seputar motivasi untuk kehidupan tidak lepas dari elemen-elemen pembuatan konten video yang akan diunggah. Merry Riana selalu konsisten dalam waktu pengunggahan video dalam beberapa hari sekali. Selain itu, video Merry Riana menyajikan isi sesuai judul dengan isi yang tidak bertele-tele dan selalu to the point. Tujuan dari setiap video yang diunggah oleh Merry Riana selalu jelas dan tepat sasaran, sehingga dapat mengajak hingga memotivasi penontonnya.  Bahkan, Merry Riana dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dengan keunikan dalam setiap videonya, Merry Riana juga menyajikan beberapa video yang dikemas dalam bentuk hiburan, misalnya dari dialog-dialog video atau kolaborasi dengan beberapa orang salah satunya Young Lex. Video Merry Riana juga memiliki keselarasan dalam dialog, lagu, dan visual sehingga tidak membosankan penonton. Channel Merry Riana dengan beberapa kontennya telah menjadi salah satu channel yang memenuhi beberapa kriteria dalam youtube.

Yak! Bonus podcast, yuk klik disini!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x