Mohon tunggu...
Andri Rusdianto
Andri Rusdianto Mohon Tunggu... Penulis - Seorang mahasiswa yang suka berpikir kritis dan memberikan argumen.

Lahir di Klaten dan berkuliah di Semarang. Saya suka menulis sejak duduk di usia sekolah dasar. Motivasi saya menulis adalah karena saya suka menulis. Selain menulis, saya punya hobi lain seperti bersepeda, editing video, solo traveling, menonton anime dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Green Screen dalam Gereja untuk Ibadah Online?

7 November 2020   19:12 Diperbarui: 7 November 2020   19:17 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejujurnya, saya sempat berpikir bahwa ini adalah masalah yang sangat sepele. Namun, mungkin ini juga sangat penting mengenai esensi dalam kebaktian. 

Ketika kita umat Kristen beribadah, kita tentu hanya berfokus kepada Tuhan. Ini mungkin bisa dikatakan sebagai opini saya terhadap ibadah online di gereja saya. 

Tentu ini bukan sebuah kritik apalagi tulisan seperti tesis martin luther, ini hanya sebuah opini atau argumen untuk refleksi sejenak. Saya mau mengajak berpikir, apakah kita dapat nyaman dengan model seperti itu? Lalu, bagaimana dengan kita sendiri dalam mendekatkan diri kepada Tuhan melalui ibadah harian kita?

Saya tahu bahwa tidak semua gereja dalam satu sinode gereja saya menggunakan green screen dalam ibadah online. Green screen mempunyai pengertian yang merujuk pada warna latar yang digunakan pada pengambilan gambar atau video yang berwarna hijau, hal itu biasanya digunakan untuk mengedit latar belakang. 

Jadi, kebaktian yang ditayangkan dalam layar memiliki latar yang berbeda. Dalam kondisi gereja saya, green screen dipasang dalam gereja. Pada saat kebaktian, saya melihat latar tempat sebuah gereja tetapi bukan gereja saya karena efek dari penggunaan green screen tersebut.

Hal itu terkadang membuat saya merasa agak aneh saja karena sempat terlintas dalam pikiran saya "Untuk apa menggunakan latar belakang gereja lain dan menutupi latar gereja sendiri?" 

Mungkin beberapa umat juga ada yang rindu dengan tempat atau gedung gereja. Hal seperti ini mungkin hanya terjadi di beberapa gereja (dalam hal ini gereja saya termasuk di dalamnya). Entah apa yang dipikirkan oleh Bapak Pendeta saya.

Sebenarnya, saya baru saja berkunjung ke gereja untuk berdoa. Gereja saya membuka gereja setiap hari agar gedung gereja dapat dimanfaatkan oleh umat untuk berdoa. Ketika saya masuk ke dalam, saya terkejut karena besar green screen-nya lebih dari yang saya bayangkan. 

Sekitar beberapa menit, saya dapat berdoa di gereja. Meskipun waktu itu ternyata juga ada Bapak Pendeta sedang membuat video Saat Teduh. 

Rencana saya untuk berdoa dan membaca firman di gereja dengan suasana yang hening pun terasa hampir hilang, tetapi saya tetap berdoa saja. Suasana di dalam ruang gereja yang kurang tenang mungkin membuat saya merasa tidak nyaman.

Sekarang, saya mau mengajak pembaca berpikir pertanyaan pertama saya. Apakah nyaman dengan kebaktian yang tidak menampilkan kondisi ruangan gereja sendiri? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun