Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Caraku mencintaimu begitu sederhana, sebab saat ini dirimu tidak sanggup kugenggam, namun selalu kudoakan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Edukasi untuk Anak dari Animasi Nussa dan Rara!

12 September 2021   11:10 Diperbarui: 12 September 2021   11:11 246 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar Edukasi untuk Anak dari Animasi Nussa dan Rara!
Serial animasi anak-anak Nussa dan Rara (sumber: tirto.id)

Indonesia patut berbangga dengan adanya serial kartun Nussa dan Rara, pasal nya kartun ini diproduksi langsung oleh dua perusahaan animasi asal Indonesia, yaitu The Little Giantz dan 4Stripe Productions.

Serial Nussa dan Rara sebelumnya disiarkan di beberapa stasiun televisi seperti trans tv dan net tv. Namun kini Nussa dan Rara tidak lagi tayang di televisi.

Di youtube pun Nussa Official sekarang jarang upload video. Pemberhentian tayangan Nussa di televisi dan jarang aktif di youtube ditengarahi disebabkan terdampak pandemi covid 19.

Banyak masyarakat yang merasa sedih akan berhentinya animasi Nussa dan Rara ini. Para orang tua menilai kartun Nussa dan Rara memberi dampak positif pada anak mereka, baik dari sifat dan tingkah laku.

"Laahh kok terakhir....anak ku sungguh banyak dapat ilmu dri nussa rara. Usia 3 thn bisa hafal rukun islam, rukun iman, baca basmalah sebelum beraktivitas, nama 25 nabi, ituu semua dr nonton nussa rara. Banyak lg kebiasaan baik yang bisa ditiru dr nussa rara," tulis salah satu warganet yang merasa sedih berhentinya Nussa dan Rara.

Animasi Nussa dan Rara dibuat memang untuk memberikan edukasi tentang penerapan hukum Islam yang baik dikehidupan sehari-hari yang dikemas dengan warna-warni dan ceria untuk anak-anak.

Serial animasi Nussa dan Rara diharapkan bisa membentuk karakter dan moral anak-anak menjadi lebih baik ditengah arus globalisasi yang berdampak buruk bagi anak-anak. Apalagi di era digitalisasi ini masih sangat jarang tayangan animasi edukatif.

Cerita
Serial Nussa dan Rara menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang dikemas dengan sederhana dan selalu menyelipkan nilai pendidikan dan edukasi didalamnya.

Contohnya pada salah satu episode, saat Rara mau makan, Nussa sebagai kakak yang baik selalu mengingatkan adiknya untuk membaca doa terlebih dahulu agar makanannya menjadi berkah.

Meskipun terkesan sangat sepele, nyatanya amalan ini sering lupa diajarkan oleh orang tua pada anaknya. Tentu ini bisa menjadi pengingat agar senantiasa bisa mengamalkannya setiap hari.

Kemudian episode saat Rara takut tidur, Nussa meminta Rara untuk berwudhu dulu dan membaca doa sebelum tidur. Banyak sekali nilai kehidupan yang dapat dipetik dari serial Nussa dan Rara ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan