Mohon tunggu...
R. ANDRY DANOESUBROTO
R. ANDRY DANOESUBROTO Mohon Tunggu... Wiraswasta - Antivirus Analyts

Tinggal di Lampung, CEO sebuah perusahaan Internasional Freight Forwading

Selanjutnya

Tutup

Media

Menyoal Kompasiana Award

19 Agustus 2010   02:09 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:54 823 0 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Award atau mungkin boleh disebut penghargaan, biasanya diberikan oleh lembaga ataupun organisasi atau institusi kepada mereka yang dianggap menguntungkan sipemberi penghargaan. Award, umum diberikan tahunan, namun banyak juga yang tidak berdasar tahunan. Sudah banyak kita mengenal pemberian penghargaan ini baik dikancah nasional atau juga internasional. Dari penghargaan bidang kesopanan, kebersihan,kecantikan,ketampanan,kemolekan,kebanyakan uang,dan lainnya. Namun hingga saat ini tidak ada penghargaan/award untuk mereka yang dikategorikan miskin atau melarat.

Tidak terlalu buruk, gagasan untuk memberikan award sekedar penghargaan kepada para Kompasianers semua. Namun tentunya, award diberikan kepada para kompasianers dengan kriteria dan pertimbangan hampir tidak sama dengan para seleb Hollywood mendapatkan penghargaan "Academi Award". Penghargaan, bukan sebagai ajang persaingan tidak sehat, namun guna meningkatkan rating Kompasiana sendiri, sebagai salah satu tujuan untuk menjadikan Kompasiana sebagai situs terbaik, terbanyak dan nomor satu di Indonesia, bahkan penulis juga ingin Kompasiana sebagai salah satu situs terbaik dan terbanyak nantinya diakses didunia. Bukankah juga menjadi tujuan para kreator dan admin Kompasiana itu sendiri.

Walau ini hanya wacana atau bahkan mungkin hanya pendapat yang tidak berguna dari seorang saya kepada kita semua termasuk para penggelola Kompasiana. Mungkin juga sah-sah saja, mengemukakan pendapat,ide atau gagasan, namun kelanjutannya hanya "Tuhan Yang Tahu". Disini penulis memberikan masukan tentang kriteria Award yang menarik dan berbeda namun penulis anggap dapat memberikan kemerataan dan kesetaraan untuk seluruh Kompasianers, Penulisnya dan Pembacanya. Atau dapat juga kriteria lainnya lagi.

Menurut saya, nih, sebaiknya kategori award diberikan dengan kriteria:

- Terbanyak mendapat rating , namun tidak masuk dalam kategori "Terpopuler" dan tidak masuk dalam "HL", nah, bagi Kompasianer yang artikel/reportasenya banyak mendapatkan "bintang", dapat dinominasikan mendapatkan award. Namun, apabila artikel itu manjadi terpopuler atau HL, dianggap gugur. Rating termasuk juga apabila mendapat rate "asal tulis" sekalipun.

- Terdikit dibaca, dalam kategori ini, artikel atau reportase dari seorang kompasianers, dipublikasikan, namun sedikit dibaca, dan sedikit mendapatkan Rating, makin sedikit yang membaca serta tidak mendapatkan penilaian atau rating dari kompasianers lainnya, semakin tinggi "kans" nya mendapatkan Award dalam kategori ini.

Penilaian award dapa dilangsungkan setiap 3 bulanan sekali, atau dapat juga disesuaikan, dengan pertimbangan untuk setiap kategori topik, hanya terdapat 2 nominator, nantinya setiap nominator akan diambil dari kriteria tersebut diatas, dan jadi total pemenang ada 2 kompasianers.
Hadiah tidak perlu mahal, seperti Mercedes compressor atau Rumah Mewah, namun ya, cukup untuk menunjang Penulis dan Pembaca itu sendiri, misalkan Laptop plus semua perangkat nirkabel untuk akses internet, langganan gratis akses internet broadband dalam waktu ditentukan  atau tabungan, atau lainnya sesuai dengan kemampuan Kompasiana dalam mendapatkan sponsor.

Nah,bagaimana apakah ide ini mendapat respon dari para petinggi di Kompasiana ataupun kita semua? entahlah..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan