Mohon tunggu...
Andreas Advenda
Andreas Advenda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Jogjakarta. Mahasiswa lulusan 2020.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Saya Mencuci Sepatu

16 Juni 2021   09:59 Diperbarui: 16 Juni 2021   10:15 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Banyak orang yang memiliki sepatu tidak memahami bagaimana cara merawat sepatunya dengan baik, salah satunya adalah saya. Saya adalah seorang mahasiswa yang berusaha semaksimal mungkin untuk mengirit biaya dalam perawatan sepatu yang saya punya, maka dari itu saya sering menyuci sepatu saya menggunakan detergen baju, disamping harganya yang terjangkau dan setau saya pasti bersih. 

Tapi setelah beberapa kali saya menyuci sepatu saya menggunakan detergen, tiba- tiba warna cat sepatu saya memudar dan juga lemnya yang perlahan tidak lengket lagi, karena penasaran saya mulai mencari alasannya di Internet, dan ternyata semua itu disebabkan karena saya menyuci sepatu saya menggunakan detergen. 

Menurut ahli sepatu, detergen baju itu tidak begitu bagus untuk sepatu, dikarenakan bahan dari deterjen yang memiliki zat kimia yang cuku keras. Dengan bahan kimia yang ada di deterjen dan semakin seringnya memakai deterjen untuk membersihkan sepatu perlahan sepatu yang kita miliki akan menjadi tidak awet dan sol sepatu akan lebih cepat rusak.


Mengetahui bal itu, akhirnya saya mencari solusi lain untuk membersihkan sepatu yang saya miliki, dan tentu saja solusi yang tidak perlu mengeluarkan banyak uang, setelah lama mencari di kanal Youtube bagaimana cara merawat sepatu dengan baik, akhirnya saya menemukan salah satu channel yang menarik dan membahas mengenai perawatan Sepatu. Video Youtube yang saya tonton itu menyarankan untuk menggunakan KSJ Shoes Cleaner untuk membersihkan sepatu saya, karena videonya yang memperlihatkan cara pemakaiannya dan menurut saya hasilnya sangat bagus akhirnya saya mencoba untuk membeli KSJ Shoes Cleaner.

Jika melihat video dari KSJ dan juga mengikuti langkah- langkah yang tercantum di box produknya, cara pemakaiannya sangat mudah. Hal pertama yang perlu saya lakukan adalah menyemprotkan KSJ Shoes Cleaner ke area yang mau dibersihkan, kemudian sikat menggunakan sikat halus atau sikat gigi yang sudah dibilas menggunakan air, kemudian langsung lap saja menggunakan Microfiber atau bila tidak punya bisa juga menggunakan tisu. Setelah saya praktekkan ternyata memang terbukti bersih juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun